PENGEMBANGAN MASYARAKAT PELAKU WISATA OLEH POKDARWIS GERBANG MADU DI TAMAN WISATA GERBANG BANYU LANGIT BINTARAN KULON SRIMULYO

Iwan Romadhon, NIM.: 19102050035 (2023) PENGEMBANGAN MASYARAKAT PELAKU WISATA OLEH POKDARWIS GERBANG MADU DI TAMAN WISATA GERBANG BANYU LANGIT BINTARAN KULON SRIMULYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MASYARAKAT PELAKU WISATA OLEH POKDARWIS GERBANG MADU DI TAMAN WISATA GERBANG BANYU LANGIT BINTARAN KULON SRIMULYO)
19102050035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MASYARAKAT PELAKU WISATA OLEH POKDARWIS GERBANG MADU DI TAMAN WISATA GERBANG BANYU LANGIT BINTARAN KULON SRIMULYO)
19102050035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan masyarakat melalui sektor wisata merupakan model pemberdayaan yang dilakukan Pokdarwis Gerbang Madu dalam membangun industri pariwisata di Kalurahan Srimulyo. Pengembangan tersebut dilakukan dengan melibatkan masyarakat lokal untuk mengembangkan potensi dan mengelola wisata. Keterlibatan masyarakat dalam proses pengembangan wisata merupakan faktor penting yang menjadi kunci dalam keberhasilan serta keberlanjutan program. Salah satu destinasi di Kalurahan Srimulyo yang dikembangkan oleh Pokdarwis Gerbang Madu yaitu Taman Wisata Gerbang Banyu Langit Bintaran Kulon Srimulyo. Taman wisata ini menawarkan konsep sempadan sungai serta pedesaan sebagai daya tarik wisata serta melibatkan masyarakat secara penuh dalam mengembangkan potensi wisata yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan pengembangan masyarakat pelaku wisata oleh Pokdarwis Gerbang Madu di Taman Wisata Gerbang Banyu Langit Bintaran Kulon Srimulyo dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan masyarakat pelaku wisata yang dilakukan di Taman Wisata Gerbang Banyu Langit Bintaran Kulon Srimulyo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Infroman dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengembangan masyarakat pelaku wisata oleh Pokdarwis Gerbang Madu di Taman Wisata Gerbang Banyu Langit dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahapan persiapan dengan melakukan persamaan persepsi petugas dan persiapan lapangan, tahapan assesmen dengan melakukan forum diskusi antara pokdarwis dan pelaku wisata untuk menggali potensi dan kebutuhan pengembangan wisata, tahapan perencanaan dan pemformulasian rencana aksi dengan melibatkan partisipasi pelaku wisata secara aktif untuk menentukan program yang akan dilakukan berdasarkan hasil assesmen yang diperoleh, tahapan pelaksanaan merupakan implementasi program-program yang telah direncanakan yaitu peningkatan kapasitas SDM, pembangunan infrastruktur dan pembangunan relasi di Taman Wisata Gerbang Banyu Langit, tahapan evaluasi dengan dilakukan pertemuan monitoring setiap satu bulan sekali. Sementara itu aspek pendukung dalam pemberdayaan yaitu rasa memiliki yang tinggi dari masyarakat, mitra kerja yang supportif, lokasi yang strategis dan infrastruktur yang memadai. Sementara itu faktor penghambatnya yaitu minimnya anggaran, rawan bencana alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khotibul Umam, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Masyarakat, Pokdarwis, Desa Wisata
Subjects: Industri Pariwisata
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2023 14:22
Last Modified: 12 May 2023 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum