KONSEP POLA ASUH ANAK MENURUT DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID DALAM BUKU PROPHETIC PARENTING (ANALISIS MAQASID ASY-SYARI’AH)

Halwanul Firdaus, NIM.: 18103050080 (2023) KONSEP POLA ASUH ANAK MENURUT DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID DALAM BUKU PROPHETIC PARENTING (ANALISIS MAQASID ASY-SYARI’AH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP POLA ASUH ANAK MENURUT DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID DALAM BUKU PROPHETIC PARENTING (ANALISIS MAQASID ASY-SYARI’AH))
18103050080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP POLA ASUH ANAK MENURUT DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID DALAM BUKU PROPHETIC PARENTING (ANALISIS MAQASID ASY-SYARI’AH))
18103050080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Konsep Pola Asuh Anak Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid (Analisis MaqASid Asy-Syari‘ah). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pola asuh anak dalam buku Prophetic Parenting dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam konsep pola asuh anak Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam buku Prophetic Parenting yang ditinjau dari hukum Islam menggunakan sistem Maqāṣid Asy-Syarī‘ah dari Jasser Auda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian pustaka atau library research. Dengan objek penelitian menggunakan buku Prophetic Parenting karya Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan subjek penelitian menggunakan sistem Maqāṣid Asy-Syari‘ah Jasser Auda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-normatif, serta menggunakan metode analisis deskriptif-analitis. Dengan memperoleh data dari sumber primer buku Prophetic Parenting karya Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid kemudian peneliti menganalisis data tersebut menggunakan teori Maqāṣid Asy-Syarī‘ah Jasser Auda. Kesimpulan dari penelitian ini, pertama yakni Konsep Pola Asuh Anak menurut Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam buku Prophetic Parenting yang dibagi ke dalam empat aspek yang wajib terpenuhi. Adapun aspek tersebut antaralain: aspek ubudiyah dan kepribadian Islami anak, aspek pendidikan anak, aspek kebutuhan dan kesehatan anak, aspek jiwa sosial dan akhlak Islami anak. Kedua, Konsep Pola Asuh Anak menurut Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid yang dikaji menggunakan enam teori Maqāṣid Asy-Syari‘ah Jasser Auda. Keenam teori tersebut antaralain: watak kognisi yang sesuai dengan aspek pendidikan, aspek kebutuhan dan kesehatan. Kemenyeluruhan yang sesuai dengan aspek ubudiyah dan kepribadian Islami, aspek kebutuhan dan kesehatan, aspek jiwa sosial dan akhlak anak. Keterbukaan, teori ini belum bisa sepenuhnya tercapai karena belum memiliki (worldview), tetapi dari sisi filosofis telah sesuai dengan aspek ubudiyah dan kepribadian Islami, aspek jiwa sosial dan akhlak. Hierarki yang saling berkaitan yang sesuai dengan aspek ubudiyah dan kepribadian Islami, aspek pendidikan, aspek jiwa sosial dan akhlak Islami. Multidimensi yang sesuai dengan aspek ubudiyah dan kepribadian Islami, aspek pendidikan, aspek kebutuhan dan kesehatan. Terakhir teori kebermaksudan yang sesuai dengan semua aspek konsep pola asuh anak menurut Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid yakni aspek ubudiyah dan kepribadian Islami pada anak, aspek pendidikan anak, aspek kebutuhan dan kesehatan anak, aspek jiwa sosial dan akhlak Islami anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Fatma Amilia S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: parenting style; children; prophetic parenting; maqasid asy shari'ah
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 May 2023 09:23
Last Modified: 15 May 2023 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum