PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS VII D SMP N 2 PANDAK BANTUL

ERNI ISMIATUN - NIM. 06410050 , (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS VII D SMP N 2 PANDAK BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS VII D SMP N 2 PANDAK BANTUL)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (779kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS VII D SMP N 2 PANDAK BANTUL)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaraan Quantum Teaching untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas VII D SMP N 2 Pandak Bantul. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar, hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton membuat siswa bosan dan kurang bersemangat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan mengambil latar SMP N 2 Pandak Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, dan display data. Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas VII D SMP N 2 Pandak Bantul. Minat belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching minat siswa meningkat dan termasuk dalam kategori baik. Hal ini juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan tiap aspek, Aspek adanya perhatian dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 79,55% siklus II sebesar 82,79% dan pada siklus III sebesar 85,47%. Aspek Rasa Senang Siswa Terhadap Guru dan Materi persentasenya pada siklus I sebesar 71,47% siklus II 76,47% , dan pada siklus III sebesar 80,59%. Aspek Keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 75,59% siklus sebesar II 78,68% dan pada siklus III sebesar 82,50%. Aspek Kesadaran Akan Adanya Manfaat pada siklus I sebesar 73,97% siklus II sebesar 78,82% dan pada siklus III sebesar 85,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Quantum Teaching
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2013 16:43
Last Modified: 29 Nov 2023 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum