IMPLEMENTASI MAQASID ASY-SYARI‘AH INDEX (MSI) KONSEP ABDUL MAJID AN-NAJJAR PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Desiana A., NIM.: 16380023 (2023) IMPLEMENTASI MAQASID ASY-SYARI‘AH INDEX (MSI) KONSEP ABDUL MAJID AN-NAJJAR PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MAQĀṢID ASY-SYARĪ‘AH INDEX (MSI) KONSEP ABDUL MAJID AN-NAJJAR PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN POLEWALI MANDAR)
16380023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MAQĀṢID ASY-SYARĪ‘AH INDEX (MSI) KONSEP ABDUL MAJID AN-NAJJAR PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN POLEWALI MANDAR)
16380023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim dan merupakan rukun Islam yang ke-5. Zakat juga merupakan ibadah yang sangat penting dan fundamental serta memiliki potensi untuk mensejahterakan rakyat. Di Indonesia pemerintah membentuk Badan Amil Zakat yang merupakan lembaga yang berwenang melakukan tugas pengelolaan zakat secara nasional dengan tujuan meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Kajian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok: Bagaimana praktek pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Polewali Mandar; dan bagaimana pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Polewali Mandar dalam persfektif Maqāṣid asy-Syari ‘ah Index (MSI) konsep Abdul Majid an-Najjar?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field researc) yang bersifat deskriftif analisis dengan mengumpulkan dan menganalisis secara data secara sistematis. Data diambil menggunakan metode wawancara langsung dengan informan melalui observasi partisipan dan dokumentasi dengan beberapa pihak-pihak pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar. ‘ Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktk pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar sudah mengalami peningkatan efektifitas dengan pembentukan perencanaan RKAT yang tersistematis untuk mempermudah dalam pengumpulan zakat. Dalam pengumpulan zakat, BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah terutama PNS juga instansi dan sekolahan pada tiap-tiap kecamatan untuk dijadikan sebagai donator tetap pada tiap bulannya. Pendistribusian yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar sudah sesuai dengan yang telah diamanatkan dalam al-Qur’an yakni diberikan kepada 8 asnaf namun lebih diprioritaskan kepada fakir dan miskin. Dalam persfektif Maqāṣid asy- Syari ‘ah Index (MSI) konsep Abdul an-Majid Najjar pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar dalam pendistribusiannya masih bersifat konsumtif dan belum ada upaya yang dilakukan untuk mengarah kepada pendistribusian zakat secara produktif, sehingga kebijakan yang ditempuh oleh BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar dalam pengelolaan zakat ini masih jauh dan belum memenuhi kriteria maqāṣid asy-Syari ‘ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saifuddin, SHI., MSI
Uncontrolled Keywords: pengelolaan zakat; BAZNAS Kab. Polewali Mandar; Maqasid asy- Syari ‘ah Index (MSI); Abdul Majid an-Najjar
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 May 2023 10:07
Last Modified: 15 May 2023 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum