PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARO‘AH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH BSI TABUNGAN EASY WADIAH (STUDI ASPEK RELIGIUSITAS, ISLAMIC BRANDING, CUSTOMER EXPERIENCE DAN MANFAAT PRODUK)

Ika Ratna Ambarwati, NIM.: 17103080081 (2023) PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARO‘AH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH BSI TABUNGAN EASY WADIAH (STUDI ASPEK RELIGIUSITAS, ISLAMIC BRANDING, CUSTOMER EXPERIENCE DAN MANFAAT PRODUK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARĪ‘AH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH BSI TABUNGAN EASY WADIAH (STUDI ASPEK RELIGIUSITAS, ISLAMIC BRANDING, CUSTOMER EXPERIENCE DAN MANFAAT PRODUK))
17103080081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARĪ‘AH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH BSI TABUNGAN EASY WADIAH (STUDI ASPEK RELIGIUSITAS, ISLAMIC BRANDING, CUSTOMER EXPERIENCE DAN MANFAAT PRODUK))
17103080081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai hasil merger ketiga bank penting untuk memenangkan persaingan antar bank, baik persaingan dengan bank konvensional maupun sesama bank syariah. Oleh karena itu dibutuhkan strategi salah satunya dengan memberikan kepuasan terhadap nasabahnya. Banyak faktor yang dapat melatar belakangi adanya kepuasan nasabah diantaranya religiusitas, Islamic branding, customer experience dan manfaat produk. Selain kepentingan strategi dalam mempertahankan nasabah dan meraih keuntungan, sebagai bank syariah BSI harus memperhatikan kemaslahatan nasabahnya baik di dunia maupun di akhirat sesuai prinsip perekonomian Islam. Oleh karenanya menjadi menarik untuk diteliti tentang bagaimana tingkat kepuasan nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah dan perspektifnya menurut maqāṣid asy-Syarī‘ah dengan melihat empat aspek yaitu aspek religiusitas, Islamic branding, customer experience dan manfaat produk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan populasi nasabah muslim yang sedang menempuh pendidikan strata satu di Perguruan Tinggi. Observasi pada penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kuesioner kepada 86 responden. Pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner berupa soft file melalui google form. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori maqāṣid asy-Syari‘ah Imam asy-Syaṭibi, konsep religiusitas Starck & Glock, konsep branding menurut Kotler, kualifikasi dimensi customer experience menurut Schmitt dan konsep manfaat produk serta personal need menurut Tjiptono. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah yang berangkat dari empat aspek tersebut secara keseluruhan menunjukkan adanya kemaslahatan bagi kehidupan nasabah, baik kemaslahatan agama, jiwa, keturunan, harta dan akal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Hj. Widyarini, M.M.
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan nasabah; easy wadiah; Islamic branding; customer
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 May 2023 11:23
Last Modified: 15 May 2023 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum