TINJAUAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PERSEWAAN SKUTER LISTRIK DI KAWASAN BOROBUDUR

Hikmah Nur Afik, NIM.: 18103080029 (2023) TINJAUAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PERSEWAAN SKUTER LISTRIK DI KAWASAN BOROBUDUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PERSEWAAN SKUTER LISTRIK DI KAWASAN BOROBUDUR)
18103080029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PERSEWAAN SKUTER LISTRIK DI KAWASAN BOROBUDUR)
18103080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kawasan Borobudur merupakan kawasan wisata di kecamatan Borobudur dimana terdapat berbagai objek wisata. Salah satunya terdapat penyewaan skuter listrik untuk berkeliling dan menikmati kawasan Borobudur tersebut. Penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah skuter listrik di kawasan Borobudur menjadi pemicu kecelakaan dan menggangu pengguna jalan lain. Hal ini disebabkan karena kelalaian dari pihak yang menyewa dan penyewa skuter listrik tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang praktik sewa-menyewa skuter listrik di kawasan Borobudur tersebut. Penelitian ini bersifat preskriptif, yaitu memberikan penilaian sesuai atau tidak tentang sistem sewa-menyewa dan penerapan perlindungan konsumen pada peyewaan skuter listrik di kawasan borobudur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dengan wawancara kepada pemilik skuter listrik, penyewa skuter listrik, dan pengunjung di kawasan borobudur, serta sumber data sekunder yaitu data dari hukum islam yang bersumber dari nash Al-Quran, Hadiś, ijma para fuqoha, kitab-kitab fiqh. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa praktik penyewaan skuter listrik di kawasan tidak mematuhi ketentuan yang ada di dalam undang-undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen . Hal ini disebabkan karena fasilitas kurang memadai, rendahnya pengetahuan bagi pelaku usaha dan kerjasama antara pelaku usaha dan wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: A Hashfi luthfi, M.H.
Uncontrolled Keywords: perlindungan konsumen; skuter listrik; sewa-menyewa
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 May 2023 15:07
Last Modified: 15 May 2023 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum