PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI KALANGAN TNI MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KELUARGA TNI-AD DI DESA BUMIREJO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG)

Inas Nur Faizah, NIM.: 18103050092 (2023) PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI KALANGAN TNI MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KELUARGA TNI-AD DI DESA BUMIREJO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI KALANGAN TNI MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KELUARGA TNI-AD DI DESA BUMIREJO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG))
18103050092_BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI KALANGAN TNI MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KELUARGA TNI-AD DI DESA BUMIREJO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG))
18103050092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konsep hubungan suami istri yang ideal menurut Islam adalah kemitrasejajaran atau hubungan yang setara antara keduanya, namun konsep kesetaraan atau kemitrasejaraan dalam hubungan suami istri tidak begitu saja mudah diterapkan dalam kenyataan hidup sehari-hari. Namun karena adanya tuntutan perkerjaan, sebagian dari mereka harus hidup berjauhan dan menjalankan hubungannya dengan Long Distance Relationship (LDR). Ketika seorang suami menjalankan tugasnya di luar kota dan luar negeri, tentunya dengan keadaan seperti itu akan berpengaruh terhadap kehidupan rumah tangganya terutama dalam melaksanakan perannya sebagai suami istri apakah terpenuhi atau tidak. Seperti yang terjadi pada keluarga TNI-AD di Desa Bumirejo Mungkid Magelang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun tertarik untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam pasangan keluarga TNI di Desa Bumirejo Mungkid Magelang dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan pada pasangan keluarga TNI-AD di Desa Bumirejo Mungkid Magelang. sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik, yaitu penelitian yang menggambarkan objek tertentu dan menjelaskan hal-hal yang terkait dengan sistematis fakta-fakta atau karakteristik populasi tertentu dalam bidang tertentu secara faktual dan cermat, dalam hal ini adalah hak dan kewajiban pasangan keluarga TNI sudah sesuai atau belum dengan hukum Islam. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan pasangan suami istri keluarga TNI di Desa Bumirejo Mungkid Magelang. Adapun data sekunder didapat dari buku, jurnal, dan arsip data yang terkait dengan hak dan kewajiban suami istri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif yang menggunakan sudut pandang hukum Islam. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan kerangka berfikir induktif meliputi analisis hukum Islam dari Al-Qur'an, hadis, ushul fiqih dan penafsiran hukum. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, Pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada keluarga TNI-AD di Bumirejo Mungkid Magelang nafkah ekonomi sudah terpenuhi dengan baik. Sedangkan kewajiban suami istri ketika berjauhan yaitu berinteraksi melalui telepon, dengan memberikan perhatian serta memberi dukungan. Kedua, Pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada pasangan keluarga TNI-AD di Bumirejo Mungkid Magelang sesuai dengan hukum Islam yang ada, karena antara madharat dan maslahah itu seimbang. Meskipun dapat menimbulkan dampak negatif yaitu kebutuhan biologis belum terpenuhi dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Malik Ibrahim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: hak suami; hak istri; long distance relationship; UU perkawinan
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 May 2023 09:02
Last Modified: 16 May 2023 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum