TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTERI KELUARGA BURUH MIGRAN (STUDI KASUS DI DESA TRACAP, KECAMATAN KALIWIRO, KABUPATEN WONOSOBO)

Nur Akhmad Hidayat, NIM.: 17103050059 (2023) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTERI KELUARGA BURUH MIGRAN (STUDI KASUS DI DESA TRACAP, KECAMATAN KALIWIRO, KABUPATEN WONOSOBO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTERI KELUARGA BURUH MIGRAN (STUDI KASUS DI DESA TRACAP, KECAMATAN KALIWIRO, KABUPATEN WONOSOBO))
17103050059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTERI KELUARGA BURUH MIGRAN (STUDI KASUS DI DESA TRACAP, KECAMATAN KALIWIRO, KABUPATEN WONOSOBO))
17103050059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan suami dan isteri dalam sebuah keluarga merupakan hubungan mitra sejajar, saling mengisi serta saling membutuhkan. Bahtera kehidupan dalam rumah tangga, tidak bisa terlepas dari relasi antara suami dan isteri. Akan tetapi dalam praktiknya relasi pada suami isteri keluarga buruh migran di desa Tracap, tidak serta merta berjalan dengan baik, bahkan sering terjadi permasalahan yang timbul karena faktor ekonomi. Terkait hal tersebut dialami juga oleh suami isteri keluarga buruh migran di Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo dimana isteri memilih menjadi buruh migran diluar negeri. Berlatar permasalahan tersebut menarik untuk dilakukakan penelitian lebih mendalam terkait relasi antara pasangan keluarga buruh migran, mengingat hak dan kewajiban dalam keluarga bergeser dan berubah karena faktor kondisi, yang kemudian akan ditinjau dengan sosiologi hukum Islam. Dalam penelitian ini jenis penelitian termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analitik. Pengumpuan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yakni pendekatan dengan menganalisis masalah dari sudut legal-formal yang berhubungan dengan halal dan haram, boleh atau tidak. Pendekatan normatif bersumber dari Nash, baik yang bersumber dari Al-Qur‟ān, sunnah dan sejenisnya dan kemudian dianalisis menggunakan sosiologi hukum Islam. Hasil dari penelitian relasi suami isteri keluarga buruh migran yang ada di Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo dalam pemenuhan hak serta kewajiban mengalami perubahan peran. Posisi sebelum isteri menjadi buruh migran pihak suami adalah yang mencari nafkah sedangkan isteri yang mengurus rumah tangga. Akan tetapi berbeda ketika isteri menjadi buruh migran maka suamilah yang bertanggung jawab terhadap urusan rumah tangga sedangkan isteri bekerja sebagai buruh migran. Ditinjau dari sosiologi hukum Islam relasi suami isteri keluarga buruh migran yang ada di desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo meliputi: kesetaraan, musyawarah dan Kesadaran akan Kebutuhan Pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Samsul Hadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: relasi; suami isteri; keluarga; buruh migran; Desa Tracap
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 May 2023 09:30
Last Modified: 16 May 2023 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum