PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MIPA DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH

Fadhilah Adha Syarhesa, NIM.: 18104010056 (2023) PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MIPA DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MIPA DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH)
18104010056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MIPA DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH)
18104010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek penting bagi siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MIPA MAN 2 Kota Payakumbuh masih belum tampak. Dilihat dari kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran. Pada pembelajaran Akidah Akhlak sering kali membicarakan sesuatu yang bersifat abstrak. Untuk itu dibutuhkan pendekatan yang tepat agar apa yang diajarkan bisa diterima secara baik oleh siswa. Maka disinilah peran soal berbasis HOTS yang dapat melatih siswa agar memiliki kemampuan berpikir kritis. Guna menunjang pembelajaran Akidah Akhlak yang membutuhkan pemikiran logis dalam mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian soal berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen. Dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment design). Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subyek pada penelitian ini siswa kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 di MAN 2 Kota Payakumbuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent sample t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test maka diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 25,9 %. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang tidak diberikan soal berbasis HOTS dengan siswa yang diberikan soal berbasis HOTS. Sehingga ada pengaruh pemberian soal berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XII MIPA di MAN 2 Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: soal berbasis HOTS; berpikir kritis; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 May 2023 13:56
Last Modified: 16 May 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum