STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BUKIT BESTARI KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU

Bayu Rahmat Pratama, NIM.: 17104090061 (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BUKIT BESTARI KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BUKIT BESTARI KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU)
17104090061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BUKIT BESTARI KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU)
17104090061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SDN 001 Bukit Bestari pernah mengalami penurunan masuknya jumlah siswa dari tahun 2019 hingga 2021. Selain itu, kurangnya sarana dan prasarana menambah beban kerja guru dengan munculnya kelas pagi dan sore. Masalah lain berupa ketiadaan laboratorium komputer sebagai pendukung pembelajaran. Kondisi ini bisa mendorong menurunnya animo masyarakat kepada sekolah, sehingga strategi pemasaran dibutuhkan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di SDN 001 Bukit Bestari Kota Tanjungpinang, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berlatar di Sekolah Dasar Negeri 001 Bukit Bestari Kota Tanjungpinang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, sedangkan untuk penentuan validasi dan keabsahan data menerapkan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat dua strategi pemasaran di SDN 001 Bukit Bestari Kota Tanjungpinang, antara lain: (a) pemasaran langsung meliputi pemanfaatan Information Technology, media cetak maupun flyer di media sosial. (b) Pemasaran tidak langsung meliputi optimalisasi kegiatan sekolah di masyarakat; peran murid dan wali murid. (2) Proses implementasi pemasaran di SDN 001 Bukit Bestari Kota Tanjungpinang dilakukan melalui perumusan strategi persaingan, menentukan strategi pemasaran, perbaikan layanan sekolah, standar mutu, budaya khusus, kerjasama antar lembaga, menjaga hubungan masyarakat. (3) Faktor pendukung implementasi strategi pemasaran tersebut ialah status sekolah yang berada di bawah Dinas Provinsi Kepulauan Riau, kepercayaan masyarakat, alumni masih tergolong tinggi, dan peran kepala sekolah. Sedangkan, faktor penghambat berupa belum tersedianya konsep sistematis dalam pemasaran jasa pendidikan dan tidak ada evaluasi sebagai bahan perbaikan dalam menyusun strategi berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: marketing strategy; quality assurance; PPDB
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 May 2023 14:08
Last Modified: 16 May 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum