PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA

Zulfa Nurul Karimah, NIM.: 17106070033 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA)
17106070033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA)
17106070033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai salah satu ciri pembelajaran abad 21. Pembelajaran berbasis HOTS dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam konteks yang lebih nyata. Hasil studi Programe for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2019, kemampuan peserta didik dalam hal kinerja sains berada pada peringkat ke-74 dari 79 negara. Hasil tersebut membuktikan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih tergolong sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi stoikiometri, mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan reviewer, serta validitas dan reliabilitas dari instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi Stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan empat reviewer (guru kimia SMA/MA), serta uji coba terbatas pada 30 peserta didik SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, dan instrumen soal. Wawancara digunakan untuk melakukan studi pendahuluan mengenai penerapan soal HOTS di sekolah. Produk akhir pengembangan berupa butir soal pilihan ganda berbasis HOTS pada materi stoikiometri sebanyak 20 butir beserta kunci jawaban dan pembahasanya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase 96,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 84,44% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapat persentase 88% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil uji validitas butir soal menggunakan IBM SPSS Statistic 23 terdapat 9 butir soal dinyatakan valid dan 11 butir soal tidak valid. Hasil uji reliabilitas instrumen penilaian berbasis HOTS berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha yang dihasilkan dari output SPSS sebesar 0,705 termasuk dalam kategori reliabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian; higher order thinking skills; stoikiometri
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 08:14
Last Modified: 17 May 2023 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum