MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di MAN Insan Cendekia Kota Kendari)

Andi Mihrajuddin, NIM.: 20204091005 (2023) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di MAN Insan Cendekia Kota Kendari). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di MAN Insan Cendekia Kota Kendari))
20204091005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di MAN Insan Cendekia Kota Kendari))
20204091005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen strategik mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan islam untuk itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan islam di MAN Insan Cendekia Kota Kendari. 2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan implikasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan islam di MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian lapangan bersifat kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi Kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), dan kemudian penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi Teknik dan sumber. Hasil penelitian tentang manajemen strategik dalam meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam di MAN Insan Cendekia Kota Kendari menunjukkan bahwa; 1) Implementasi Manajemen Strategik dalam Meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan Islam di MAN Insan Cendekia Kota Kendari dengan melakukan identifikasi faktor internal dan ekternal melalui teknik analisis SWOT dan juga dengan melakukan Pendidikan luar sekolah. Sehingga pihak madrasa dapat menentukan kebijakan dengan mensinergikan semua komponen. 2) Implikasi Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam di MAN Insan Cendekia Kota Kendari mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu perumusan visi, misi dan tujuan madrasah. Selain itu, dapat mengimplementasikan program-program unggulan, menentukan kebijakan, memotivasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, mengalokasikan sumber daya manusia, budaya madrasah. Adapun yang menjadi kunci keberhasilannya adalah kepala madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki inisiatif untuk selalu melakukan perbaikan dan inovasi sehingga tidak hanya menerima apa yang sudah ada dalam sistem MAN Insan Cendekia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, SS, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: manajemen strategik; mutu; lembaga pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 08:16
Last Modified: 17 May 2023 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum