PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI CEBONGAN MLATI SLEMAN

Ria Rizki Ananda, NIM.: 20204012036 (2023) PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI CEBONGAN MLATI SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI CEBONGAN MLATI SLEMAN)
20204012036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI CEBONGAN MLATI SLEMAN)
20204012036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya pandemi COVID-19 yang berdampak dalam dunia pendidikan, pemerintah memberlakukan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran daring kepada para peserta didik. Dalam pelaksanaanya banyak kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dikarenakan pembelajaran jarak jauh yang kurang efektif bagi sebagian peserta didik dan orang tua. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang memahami materi pembelajaran yang diberikan guru. Asesmen diagnostik perlu diterapkan untuk mengetahui hambatan dan kelemahan peserta didik pada saat pembelajaran dari rumah. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui dan mengembangkan instrumen Asesmen Diagnostik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan proses pengembangan asesmen diagnostik, mengetahui uji validitas dan reliabilitasnya, dan mendeskripsikan tindak lanjut hasil asesmen diagnostik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development, dengan mengambil latar SD Negeri Cebongan Mlati Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, lembar validasi, dan instrumen asesmen diagnostik. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas isi, uji validitas butir, uji reliabilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran, dan uji kualitas pengecoh. Hasil penelitian pengembangan asesmen Diagnostik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melali proses yaitu dengan menyusun spesifikasi tes, yang terdiri dari menentukan tujuan tes, a) menyusun kisi-kisi tes, memilih bentuk tes, dan menentukan panjang tes, b) menulis soal tes, c) menelaah soal tes, d) melakukan uji coba tes, e) menganalisis butir soal, f) memperbaiki tes, g) merakit tes, h) melaksanakan tes, l) menafsirkan hasil tes. Produk pengembangan asesmen diagnostik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Cebongan terdiri dari asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif. Instrumen asesmen diagnostik kognitif menunjukkan kriteria layak dengan presentase valid oleh validator ahli menghasilkan nilai 92% dan berdasarkan hasil dari validator guru menghasilkan nilai 96%. Uji validitas yang dilakukan adalah validitas isi dan validitas butir, serta uji reliabilitas. Serta melakukan uji daya beda, uji tingkat kesukaran dan uji kualitas pengecoh. Uji validitas butir pada tes uji coba kepada 13 peserta didik menghasilkan nilai yang valid untuk semua soal karena memiliki nilai r hitung > r tabel yaitu r hitung > 0,533. Sedangkan pada pengujian tes kepada subjek yang berjumlah 25 peserta didik menghasilkan terdapat 3 soal yang dinyatakan tidak valid karena r hitung lebih kecil dari r tabel, dan 17 soal dinyatakan valid karena r hitung > 0,396. Uji reliabilitas dari hasil uji coba maupun hasil tes kepada subjek sama-sama menunjukkan nilai yang reliabel yaitu > 0,60. Tindak lanjut hasil asesmen diagnostik yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Cebongan adalah dengan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peserta didik; diagnostic assessment; Islamic Religious Education; ethics
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 09:51
Last Modified: 17 May 2023 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum