IMPLEMENTASI VIDEO BERBASIS APLIKASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL IHSAN MEDARI SLEMAN

Kiki Melita Andriani, NIM.: 20204082010 (2023) IMPLEMENTASI VIDEO BERBASIS APLIKASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL IHSAN MEDARI SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI VIDEO BERBASIS APLIKASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL IHSAN MEDARI SLEMAN)
20204082010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI VIDEO BERBASIS APLIKASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL IHSAN MEDARI SLEMAN)
20204082010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Al Ihsan Medari Sleman dengan tujuan untuk mengkaji : 1) pengaruh implementasi video pembelajaran berbasis aplikasi powtoon terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa, 2) pengaruh implementasi video pembelajaran berbasis aplikasi powtoon terhadap kemampuan komunikasi dan presentasi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas V A dan kelas V B yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas product moment, uji realiabilitas cronbach alpha, uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji homogenitas levene test, dan uji homogenitas menggunakan uji multivariat dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi video berbasis aplikasi powtoon dalam pembelajaran IPA berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hasil analisis uji univariat diperoleh nilai sig. sebesar 0,026 < 0,05 maka Ha diterima. Minat belajar siswa dengan video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster adalah 49% sedangkan video pembelajaran berbasis aplikasi powtoon dapat meningkatkan minat belajar siswa yaitu menjadi 61%. Terdapat pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan video berbasis aplikasi powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V. Hasil analisis uji variat diperoleh nilai sig. sebesar 0,08 < 0,05 maka Ha diterima. Hasil belajar siswa dengan video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster adalah 78,62 sedangkan pembelajaran dengan mengimplementasikan video berbasis aplikasi powtoon dapat meningkatkan minat belajar siswa yaitu menjadi 88,67. Terdapat pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan video berbasis aplikasi powtoon terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji multivariate. Hasil uji Pillai’s Trace,Wilks’ Lamba, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root memiliki nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05 maka Ha diterima. 2) Implementasi video berbasis aplikasi powtoon dalam pembelajaran IPA siswa kelas V MI Al Ihsan Medari Sleman berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan presentasi. Hasil pengamatan menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memilih tata bahasa dan merangkai kata yang bagus, intonasi dalam berbicara dan menyampaikan pendapat, serta ekpresi wajah dan body language ketika berkomunikasi dalam presentasi di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing:Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran; minat belajar; hasil belajar; kemampuan komunikasai; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 09:55
Last Modified: 17 May 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum