STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS PADA MUALAF DI MUALAF CENTER SUMATERA SELATAN

Levi Fitriani, NIM.: 20204012059 (2022) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS PADA MUALAF DI MUALAF CENTER SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS PADA MUALAF DI MUALAF CENTER SUMATERA SELATAN)
20204012059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP RELIGIUS PADA MUALAF DI MUALAF CENTER SUMATERA SELATAN)
20204012059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu berkaitan dengan pentingnya penanaman nilai-nilai keislaman bagi mualaf, mualaf adalah sebutan bagi orang yang baru masuk Islam. Mualaf yang berpindah agama sangat rentan dengan tindakan konflik-konflik dari diri, keluarga, teman dan kerabat dekat, pada seseorang yang menjadi mualaf. Fenomena seperti ini yang seringkali menjadi sorotan mata publik dikarenakan perpindahan agama seperti ini dianggap sebagai sebuah peristiwa besar dan sakral bagi kehidupan manusia. Peran Mualaf Center Sumatera Selatan sangat penting dalam membentuk sikap religius para mualaf melalui strategi pembelajaran yang lakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi penanaman nilainilai keislaman pada mualaf dilakukan melalui berbagai kegiatan yaitu belajar mengaji, belajar berwudhu, penyampaian materi keislaman, shalat berjamaah dan belajar diwaktu-waktu tertentu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode pembiasaan dan metode keteladanan. Nilai-nilai yang ditanamkan di Mualaf Center Sumatera Selatan yaitu nilai keimanan, nilai akhlak dan nilai ibadah. Kedua, hasil pembentukan sikap religius pada mualaf diperlihatkan dengan beberapa dimensi ritual involvement (keterlibatan ritual), ideologis involvement (keterlibatan ideologis), intellectual involvement (keterlibatan intelektual), experimental involvement (keterlibatan pengalaman), concequential involvement (keterlibatan konsekuen). Sikap religius mualaf yang terlihat diantaranya yaitu dengan percaya dan yakin bahwa Allah itu ada dengan mengerjakan sholat 5 waktu dan juga sholat sunnah, bersedekah, jujur, toleransi, etos kerjanya tinggi, sering menghadiri majelis ta‘lim, membaca buku agama, merasa doanya terkabul, dan juga konsisten terhadap Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing:Dr. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: embedding Islamic values; converts; sikap religius; akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 13:29
Last Modified: 17 May 2023 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum