PENGARUH LITERASI INFORMASI, LITERASI DIGITAL, DAN LITERASI MEDIA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DI MIN SE-KABUPATEN BANTUL

Muhammad Raka Anantama, NIM.:19204080036 (2023) PENGARUH LITERASI INFORMASI, LITERASI DIGITAL, DAN LITERASI MEDIA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DI MIN SE-KABUPATEN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LITERASI INFORMASI, LITERASI DIGITAL, DAN LITERASI MEDIA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DI MIN SE-KABUPATEN BANTUL)
19204080036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LITERASI INFORMASI, LITERASI DIGITAL, DAN LITERASI MEDIA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DI MIN SE-KABUPATEN BANTUL)
19204080036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh literasi informasi terhadap kompetensi profesional guru di MIN se-Kabupaten Bantul; 2) Mengetahui pengaruh literasi digital terhadap kompetensi profesional guru di MIN se-Kabupaten Bantul; 3) Mengetahui pengaruh literasi media terhadap kompetensi profesional guru di MIN se-Kabupaten Bantul; 4) Mengetahui pengaruh literasi informasi, literasi digital dan literasi media secara bersamasama terhadap kompetensi profesional guru di MIN se-Kabupaten Bantul Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini berjumlah 48 orang guru yang terdiri dari 3 madrasah di kabupaten bantul. Adapun variabel independent pada penelitian ini terdiri dari literasi informasi, literasi digital, dan literasi media, dan variabel dependent berupa kompetensi professional guru. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang peneliti distribusikan secara online melalui google form dan secara offline dengan angket secara fisik. Penelitian ini menggunakan teori literasi informasi yang dikemukakan Paul Zurkowski, teori literasi digital Paul Glister, teori literasi media yang digunakan UNESCO, serta teori kompetensi profesional guru yang terdapat pada permendikbud yang penulis gunakan sebagai panduan dalam menganalisis variable-variabel penelitian yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Literasi informasi berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi literasi informasi (X1) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (0,00 < 0,05). Selain itu, nilai thitung 4,292 juga lebih besar dari ttabel 2,01537 (4,292 > 2,01537). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Literasi digital tidak berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi literasi digital (X2) sebesar 9,96 yang lebih besar dari nilai alpha 0,05 (9,96 > 0,05). Selain itu, nilai thitung 0,005 juga lebih kecil dari ttabel 2,01537 (0,005 < 2,01537). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat diambil keputusan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. 3) Literasi media berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se- Kabupaten Bantul. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi literasi media (X3) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (0,00 < 0,05). Selain itu, nilai thitung 4,883 juga lebih besar dari ttabel 2,01537 (4,883 > 2,01537). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. 4) Literasi informasi, literasi digital, dan literasi media secara simultan berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Bantul. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 68,052 lebih besar dari nilai F tabel adalah 2,816 (68,052 > 2,816). Selain itu tingkat signifikansi 0,000 juga lebih kecil dari nilai alpha (0,00 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munip, S. Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: information literacy; digital literacy; media literacy teacher professional Competence
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 14:04
Last Modified: 17 May 2023 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum