PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL KARTUN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU BINA UMAT YOGYAKARTA

Nisa Azzah Zuhdiyah, NIM.: 20204022008 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL KARTUN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU BINA UMAT YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL KARTUN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU BINA UMAT YOGYAKARTA)
20204022008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL KARTUN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU BINA UMAT YOGYAKARTA)
20204022008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran Bahasa Arab pada kelas empat Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Bina Umat Yogyakarta. Hal ini disebabkan karena dunia pendidikan pasca pandemi covid-19 mengalami hal-hal yang baru. Peserta didik terbiasa mengakses informasi dengan sosial media dalam bentuk digital sehingga mempengaruhi pola belajarnya. Guru dituntut untuk menciptakan suasana pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan para peserta didik. Berangkat dari sini, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran dengan membuat kartun pada pembelajaran Bahasa Arab. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni : analisis, desain, pengembangan, implementasi dan juga evaluasi. Subjek uji ahli yang terdapat dalam penelitian ini adalah validator ahli materi dan validator ahli media. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas empat Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Bina Umat Yogyakarta yang terdiri dari 21 peserta didik kelas empat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala likert. Dasar pengambilan uji validitas pearson dengan membandingkan nilai rhitung dengan rtabel. Hasil penelitian ini adalah sebuah media digital kartun yang dikembangkan melalui lima tahapan, yakni : a) Analisis, yaitu tahap identifikasi masalah; b) Desain, yaitu meliputi pemilihan materi sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD), pembuatan flowchart, pemilahan scene, pembuatan storyboard; c) Pengembangan, yaitu tahap mengembangkan media menggunakan aplikasi opentoonz, mengekspor media digital kartun dalam bentuk mp4, validasi ahli media dan materi, revisi produk; d) Implementasi, yaitu tahap uji validitas instrumen kepada responden acak, penerapan media digital kartun kepada peserta didik kelas empat dengan metode ceramah, textual teaching learning dan demonstrasi e) Evaluasi, yaitu tahap olah data dari hasil instrumen penelitian untuk menilai produk media. Dari lima tahapan yang telah dilakukan, media ini mendapatkan respon positif dengan persentase tertinggi didapatkan para peserta didik sangat setuju dengan tampilan media, setuju dengan penyajian audio, sangat setuju dengan tampilan tulisan, sangat setuju dengan materi, setuju dengan gambarnya, sangat setuju dengan bahasanya, sangat setuju bahwa media tersebut dapat memotivasi, setuju bahwa media tersebut dapat membantu dalam memahami pelajaran dan sangat setuju bahwa media tersebut menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pengembangan media; media digital; media kartun; Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 08:21
Last Modified: 19 May 2023 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum