PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING DI SMP NEGERI 4 PAKEM TAHUN AJARAN 2021/2022

Nadhifa Fajrin, NIM.: 1710401001 (2023) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING DI SMP NEGERI 4 PAKEM TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING DI SMP NEGERI 4 PAKEM TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING DI SMP NEGERI 4 PAKEM TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis daring dimanfaatkan untuk memudahkan proses pembelajaran. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan strategi Pendidikan karakter dalam pembelajaran pada mata pelajaran PAI berbasis digital di SMP Negeri 4. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan analisis kualitatif deskriptif yang mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran guru menyiapkan silabus dan RPP, serta materi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, seperti pendekatan pembelajaran, strategi, metode, teknik pembelajaran, dan media pembelajaran. 2) Proses pembelajaran PAI terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, selain evaluasi. Pembelajaran PAI secara daring guru menggunakan strategi keteladanan, mendesain pembelajaran online menyerupai pembelajaran offline, pemberdayaan dan pembudayaan dan penguatan serta menentukan jenis strategi pembelajaran yang digunakan. 3) Tantangan yang dihadapi guru dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter adalah hilangnya keteladanan yang biasa didapatkan siswa dari guru. Terhambatnya program-program penguatan Pendidikan karakter yang ada di sekolah, keterbatasan guru untuk mengontrol perkembangan karakter siswa dan perbedaan latar belakang orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 08:52
Last Modified: 19 May 2023 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum