UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK PADA PEMBELAJARAN DARING

Fazriyati Situmorang, NIM.: 17104010032 (2023) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK PADA PEMBELAJARAN DARING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK PADA PEMBELAJARAN DARING)
17104010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK PADA PEMBELAJARAN DARING)
17104010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa terhadap dunia pendidikan di Indonesia, salah satu yang sangat terasa adalah menurunnya disiplin belajar siswa. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru akidah akhlak dalam memaksimalkan perannya sebagai pendidik yang profesional dalam membina, memberi contoh teladan, memfasilitasi dan mengarahkan siswa di dalam maupun di luar pembelajaran, sehingga di harapkan mampu untuk meningkatkan kembali kedisiplinan mereka dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi disiplin belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran daring dan mengetahui upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran daring, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan belajar di SMP Muhammadiyah 3 Depok pada pembelajaran daring mengalami penurunan, terdapat siswa yang terlambat memasuki ruangan pembelajaran, siswa yang telambat mengumpulkan tugas dan terdapat siswa yang tidak mengumpulkan tugas. (2) Upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran daring adalah melalui pemberian keteladanan, pembuatan peraturan dan tata tertib, pembiasaan, dan penghargaan atau reward. 3) Beberapa faktor pendukung untuk mendisiplinkan siswa yaitu keterampilan komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dan fasilitas sekolah yang memadai, faktor penghambat meliputi kurangnya minat belajar siswa, guru tidak bisa mengawasi secara langsung, lemahnya hukuman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd. M.Hum
Uncontrolled Keywords: :Guru Akidah Akhlak, Disiplin dalam belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Akidah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 08:57
Last Modified: 19 May 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58716

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum