PENGEMBANGAN E-MODULE ALJABAR MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Luvi Kartika Sari, NIM.: 17106000026 (2022) PENGEMBANGAN E-MODULE ALJABAR MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODULE ALJABAR MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS)
17106000026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODULE ALJABAR MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS)
17106000026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII, khususnya pada materi aljabar, dapat disebabkan karena terbatasnya peserta didik memperoleh persoalan yang memaksimal potensi berpikir kritis yang dimuat dalam bahan ajar. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah mengaitkan persoalan matematika dengan konteks dalam kehidupan nyata atau Realistic Mathematics Education (RME) dengan menyisipkan unsur budaya di dalamnya atau etnomatematika dan dikemas dalam bahan ajar interaktif berupa E-Module. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-Module aljabar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis yang dapat dinyatakan valid. Adapun etnomatematika dalam penelitian ini terbatas pada seni tari Lampung, meliputi tari Sembah, tari Nyambai, tari Bedana, tari Cangget, dan tari Tupping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model pengembangan 4-D, meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Akan tetapi, penelitian ini tidak mencapai tahap disseminate karena terbatasnya waktu dan jangkauan penelitian. Subjek yang dituju dalam penelitian ini adalah para ahli yang memiliki spesifikasi dalam bidangnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara tidak terstruktur, serta lembar instrumen ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 3,66 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 3,43 dengan kategori Sangat Baik (SB), sehingga produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria minimum kevalidan dan dapat dinyatakan valid. E-Module yang telah valid dapat diakses melalui laman: http://online.flipbuilder.com/itcfy/xdcs/.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumbaji Putranto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: E-Module, Realistic Mathematics Education, Etnomatematika, Berpikir Kritis, Aljabar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 09:04
Last Modified: 19 May 2023 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum