PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP SIKAP MODERAT (STUDI KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)

Muhammad Haidar Hilmi, NIM.: 18104010022 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP SIKAP MODERAT (STUDI KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP SIKAP MODERAT (STUDI KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023))
18104010022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP SIKAP MODERAT (STUDI KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023))
18104010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana gamabaran sikap moderat peserta didik kelas X; dan bagaimana penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran Fiqih di kelas Sepuluh MA Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi peneliti bagi pengelola pendidikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran Fiqih. Khususnya di kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan triangulasi sumber data. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah: 1) Terdapat dua kasus yang menunjukkan kurangnya sikap moderat pada dua siswa kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta Tahun ajaran 2022/2023. kasus pertama siswa yang tidak mengikuti sholat jemaah subuh karena meyakini kunut tidak ada dalam sholat subuh. Kasus kedua adalah siswa yang menjadi imam pada jemaah yang meyakini basmallah adalah ayat Al-Fatihah, namun siswa tersebut tidak membaca basmallah karena meyakini basmallah bukan termasuk ayat surat Al-Fatihah. 2) Penerapan Model Problem Based learning dalam pembelajaran Fiqih di MA Wahid Hasyim Yogyakarta oleh guru Fiqih sudah sesuai dengan langkah-langkah yang dipaparkan para ahli dan terbukti memiliki dampak pada sikap moderat siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag. M. Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Moderasi, Pembelajaran Fiqih
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 09:47
Last Modified: 19 May 2023 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum