PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 DI MAN 2 SLEMAN

Muhammad Mukty Zaki Nurdin, NIM.: 18104010110 (2023) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 DI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 DI MAN 2 SLEMAN)
18104010110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 DI MAN 2 SLEMAN)
18104010110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di MAN 2 Sleman memiliki kendala berupa rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa. Hal tersebut menjadi pekerjaan ekstra bagi guru untuk dapat mendorong siswa meningkatkan motivasi belajarnya. Oleh sebab itu, guru akidah akhlak melakukan pembelajaran dengan menggunakan media video youtube sebagai cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas XII IPS 2 di MAN 2 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan kondisi motivasi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kelas XII IPS 2 di MAN 2 Sleman. (2). Mendeskripsikan pemanfaatan media video youtube dalam pembelajaran akidah akhlak kelas XII IPS 2 di MAN 2 Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu guru akidah akhlak, waka kurikulum, guru wali kelas dan empat siswa kelas XII IPS 2 MAN 2 Sleman. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1). Motivasi belajar siswa kelas XII IPS 2 di MAN 2 Sleman dalam pembelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan media video youtube cukup rendah. Hal tersebut dibuktikan yaitu siswa tidak memperhatikan guru saat kegiatan belajar, tidur di kelas, siswa saling mengobrol dengan temannya, dan kurangnya keaktifan siswa di kelas. Setelah guru akidah akhlak melakukan pembelajaran menggunakan media video youtube, motivasi belajar siswa kelas XII IPS 2 di MAN 2 Sleman menjadi meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dari ketekunan siswa saat pembelajaran, adanya dorongan dalam memahami materi, siswa antusias mengikuti pembelajaran, serta siswa memiliki rasa tanggung jawab dan target dalam melakukan pembelajaran. (2). Pemanfaatan media video youtube pada pembelajaran akidah akhlak kelas XII IPS 2 di MAN 2 Sleman terbagi menjadi tiga bagian yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: media video youtube; motivasi belajar; pembelajaran akidah akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 11:19
Last Modified: 19 May 2023 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum