PENGEMBANGAN POP-UP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERPADU PROYEK PADA MATERI ENERGI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

Ika Damayanti, NIM.: 19104080017 (2023) PENGEMBANGAN POP-UP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERPADU PROYEK PADA MATERI ENERGI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POP-UP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERPADU PROYEK PADA MATERI ENERGI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH)
19104080017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POP-UP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERPADU PROYEK PADA MATERI ENERGI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH)
19104080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Belum adanya media pembelajaran yang kontekstual menjadi permasalahan pada proses pemahaman peserta didik. Pembelajaran yang kontekstual dapat terwujud apabila didukung dengan media yang memfasilitasi kebutuhan peserta didik. Pop-up Lembar Kerja Peserta Didik dibuat karena media tersebut berisi tugas dalam bentuk kegiatan yang digabungkan dengan Pop-up berbasis search, solve, create and share. Tahap search bertujuan menstimulus eksplorasi peserta didik, tahap solve merangsang peserta didik untuk berpendapat, tahap create membuat suatu karya dan tahap share mengkomunikasikan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan Pop-up Lembar Kerja Peserta didik Berbasis SSCSP pada materi energi kelas IV MI (2) memperoleh kelayakan produk Poperta Berbasis SSCSP materi energi kelas IV MI berdasarkan penilaian validator (3)memperoleh kelayakaan Poperta berbasis SSCSP pada materi energi kelas IV MI berdasarkan penilaian hasil uji terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, materi, bahasa, dan praktisi serta skala Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media Poperta. Uji coba dilakukan kepada 18 peserta didik kelas IV. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dipersentasekan berdasarkan keidealan sehingga diketahui kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1)telah berhasil dikembangkan media Poperta yang merupakan inovasi media pembelajaran menggabungkan desain Pop-up dan Lembar Kerja Peserta Didik dengan karakteristik produk berisi materi muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Media ini berbentuk cetak, berukuran A4 dengan hardcover dan berisi kegiatan yang berbasis search, solve, create and share. Poperta dikembangkan melalui tahapan 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (2)berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, bahasa, dan materi memperoleh rata-rata skor 4,45 dengan kategori “Sangat Baik.” Penilaian yang dilakukan oleh praktisi mendapatkan skor rata-rata 4,95 dengan kategori “Sangat Baik”. (3)Respon peserta didik terhadap media Poperta memperoleh penilaian dengan persentase 100% dan termasuk dalam kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media Poperta yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: poperta; SSCS; energi; pop-up; peserta didik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 11:31
Last Modified: 19 May 2023 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum