STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BERBASIS IMAN DAN TAQWA DI MTs N 1 KOTA SEMARANG

M. Khoirul Al Anshori, NIM.: 20204091011 (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BERBASIS IMAN DAN TAQWA DI MTs N 1 KOTA SEMARANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BERBASIS IMAN DAN TAQWA DI MTs N 1 KOTA SEMARANG)
20204091011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BERBASIS IMAN DAN TAQWA DI MTs N 1 KOTA SEMARANG)
20204091011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran yang besar untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Dalam pendidian saat ini sering terjadi pelanggaran yang dilakukan peserta didik justru sangat memprihatinkan di negri ini khususnya di lingkungan institusi pendidikan, terlihat dari banyaknya kasus merokok, mabuk, narkoba, seks bebas, tawuran, mencontek, bullying, berkelahi, bermain HP di dalam kelas dan lain-lain. Dari banyaknya pelanggaran yang dilakukan peserta didik, madrasah sudah seharusnya hadir dalam mengurangi pelanggaran peserta didik tersebut dengan terobosan-terobosannya yang tidak hanya mengedepankan aspek intelegensi tetapi juga memperhatikan aspek religiusitas peserta didik. Jenis penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan, yaitu: pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Konsep lingkungan madrasah berbasis iman dan taqwa yaitu dengan mendukungnya sarana dan prasarana madrasah untuk menunjang kegiatan siswa atau siswi di lingkungan madrasah yaitu dengan adanya fasilitas gedung madrasah yang baik, adannya mushola sebagai tempat kegiatan keagaamaan serta adanya laboratorium dan perpustakaan untuk menunjang pengetahuan siswa siswi dimadrasah. Kondisi lingkungan berbasis iman dan taqwa harus menjaga kebersihan, kenyamanan dan kerapian madrasah dimana hal ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan iman yang terdidik dalam jiwa siswa atau siswi madrasah. Kedua, Dalam konsep kepemimpinan perlu ada pada jiwa kepala madrasah di MTs Negeri 1 Kota Semarang karena dalam pengembangkan lingkungan madrasah berbasis imtaq ini dapat terwujudnya progam yang dibuat oleh kepala madrasah yaitu boarding school dimana pada progam ini menciptakan siswa atau siswi yang unggul dan berprestasi serta berlandaskan iman dan taqwa. Ketiga, Berdasarkan temuan dilapangan strategi yang digunakan oleh kepala madrasah dalam pengembangkan lingkungan berbasis iman dan taqwa yaitu dengan mengimplementasikan visi dan misi madrasah. kepala madrasah dalam menerapkan pengembangan mutu melakukan kerjasama madrasah dalam bidang beasiswa. Selain itu strategi yang digunakan dalam bidang keagamaan berlandaskan iman dan taqwa adalah dengan menerapkan progam madrasah ramah anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; pendidikan; iman; taqwa
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 13:55
Last Modified: 19 May 2023 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum