PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON-ASRAMA PADA PROGRAM BTHA KELAS XII MIA (MATEMATIKA DAN ILMU ALAM) MAN TEMANGGUNG

Inayah Cahyawati, NIM.: 19104010004 (2023) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON-ASRAMA PADA PROGRAM BTHA KELAS XII MIA (MATEMATIKA DAN ILMU ALAM) MAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON-ASRAMA PADA PROGRAM BTHA KELAS XII MIA (MATEMATIKA DAN ILMU ALAM) MAN TEMANGGUNG)
19104010004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON-ASRAMA PADA PROGRAM BTHA KELAS XII MIA (MATEMATIKA DAN ILMU ALAM) MAN TEMANGGUNG)
19104010004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak dijumpai pelajar yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an, baik dari segi makroj maupun tajwidnya. Dalam menanggapi hal tersebut, MAN Temanggung menyelenggarakan program BTHA sebagai upaya meningkatkan kemampuan memahami dan keterampilan dalam membaca al-Qur’an. Siswa MAN Temanggung terdiri dari siswa asrama dan siswa non-asrama. Di mana terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an baik dari makhroj dan tajwid antara keduanya baik dalam waktu belajar, materi pembelajaran, serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al- Qur’an siswa asrama, untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an siswa non-asrama, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara siswa asrama dan non-asrama pada program BTHA kelas XII MIA MAN Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa asrama dan 18 siswa non-asrama dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah tes lisan dan dokumentasi. Data penelitian yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis komparasi, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t independen. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa asrama dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 86,33. 2) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa non-asrama dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 78,44. 3) Berdasarkan hasil dari uji-t independen, diperoleh nilai t hitung sebesar 15, 017 > nilai t tabel 1,690 sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca al- Qur’an antara siswa asrama dan non-asrama pada program BTHA kelas XII MIA MAN Temanggung. Dapat disimpulkan bahwa siswa asrama memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang lebih baik karena adanya pelajaran tambahan dan melakukan tadarus al-Qur’an secara rutin dengan adanya jadwal yang ditetapkan, sedangkan siswa non-asrama hanya memperoleh pelajaran al- Qur’an di sekolah saja. Akan tetapi siswa non-asrama dapat memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang baik apabila rutin dalam belajar dan tadarus al-Qur’an serta membuat jadwal kegiatan agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan teratur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M. A
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa Asrama, Siswa Non-Asrama, BTHA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 08:50
Last Modified: 22 May 2023 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum