MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

M. Dwi Rahman Sahbana, NIM.: 21204011029 (2023) MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER)
21204011029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER)
21204011029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul akibat maraknya paham terorisme, radikalisme, kekerasan, anti toleransi dikalangan masyarakat Indonesia maupun di dunia. Pendidikan agama Islam dan tokoh penyuluh agama berperan penting untuk mengatasi hal itu. Salah satu tokoh penyuluh agama dalam Islam adalah Ahmad Syafii Maarif yang terkenal dengan pemikirannya yang mendukung sikap anti terorisme, pluralisme, sikap moderat, toleransi demi kokohnya persatuan bangsa. Terdapat tiga rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya: (1) bagaimana pemikiran Ahmad Syafii Maarif mengenai moderasi beragama?, (2) bagaimana usaha Ahmad Syafii Maarif dalam mewujudkan moderasi beragama?, (3) bagaimana relevansi moderasi beragama perspektif Ahmad Syafii Maarif terhadap pendidikan Islam kontemporer?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menelaah pemikiran tokoh yakni Ahmad Syafii Maarif dengan karya-karyanya, karya tersebut berupa buku, jurnal dan dokumen lain yang menjadi refleksi pemikirannya. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini melalui dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber data dari berbagai buku karya Ahmad Syafii Maarif serta juga memanfaatkan sumber-sumber dari tulisan ataupun karya dari peneliti lain guna untuk keperluan pengecekan kembali derajar keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Moderasi beragama yang ditawarkan Ahmad Syafii Maarif yakni agama sebagai landasan kebangkitan bangsa, Islam keIndonesiaan, Islam demokratis dan Islam modernitas. Moderasi beragama Ahmad Syafii Maarif secara global dapat dimaknai bahwa beliau mengatakan agar memberikan tafsir ulang tentang kitab suci seluruh umat beragama, agar mampu disikapi dan dimengerti oleh para penganutnya secara substansi dan esensi. Hal yang demikian itu berakhir pada sikap toleransi yang semakin baik dan terasa perannya dalam kehidupan masyarakat di Indonesia maupun di dunia. (2) Usaha Ahmad Syafii Maarif dalam mewujudkan sikap moderasi terbagi menjadi tiga tahapan yaitu sebelum memimpin Muhammadiyah, menjadi pemimpin Muhammadiyah dan setelah memimpin Muhammadiyah. Melalui tiga tahapan tersebut terlihat jelas moderasi beragama yang diinginkan beliau yaitu terciptanya masyarakat yang damai, harmonis, toleran dan menjunjung tinggi rasa kesatuan antar bangsa dan negara. (3) terdapat relevansi yang kuat antara moderasi beragama perspektif Ahmad Syafii Maarif dengan pendikian Islam kontemporer, hal ini dapat dilihat pada konsep pendidikan Islam pada masa kini yang senantiasa berusaha menciptakan peserta didik yang baik secara moral, sosial dan spritual sesuai dengan ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur‟an dan Sunnah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Sangkot Sirait , M.Ag.
Uncontrolled Keywords: religious moderation; Ahmad Syafii Maarif; contemporary Islamic Education
Subjects: Moderasi Beragama
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 08:46
Last Modified: 22 May 2023 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum