LITERASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 ”TELADAN” YOGYAKARTA ( Evaluasi Literasi Informasi dengan menggunakan standar dari Association of College and Recearch Libraries)

ARSIDI - NIM. 08141170, (2011) LITERASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 ”TELADAN” YOGYAKARTA ( Evaluasi Literasi Informasi dengan menggunakan standar dari Association of College and Recearch Libraries). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LITERASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 ”TELADAN” YOGYAKARTA ( Evaluasi Literasi Informasi dengan menggunakan standar dari Association of College and Recearch Libraries))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LITERASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 ”TELADAN” YOGYAKARTA ( Evaluasi Literasi Informasi dengan menggunakan standar dari Association of College and Recearch Libraries))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa pentingnya sebuah keterampilan di mana informasi semakin banyak dan cepat menyebar di masyarakat. Diperlukan sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh oleh siswa dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan literasi Informasi yang dimiliki oleh siswa di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta dengan menggunakan standar Association of College and Research Libraries (ACRL). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 878 siswa dengan menggunakan Teknik Quota Proportional Stratified Sampling sebanyak 140 siswa yang terdiri dari 28 kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2010. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi yang dimiliki oleh siswa di Perpustakaan SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta jika diukur dengan menggunakan acuan standar dari Association Of College and Research (ACRL) dinyatakan kurang, hampir setengah siswa(45, 92%) saja yang sudah memiliki kemampuan literasi informasi, diantaranya kemampuan yang dimiliki siswa untuk menentukan jenis dan batas informasi yang diperlukan dapat dikatakan kurang (44%), Dalam hal kemampuan mengakses informasi, sebagian besar siswa belum memiliki kemampuan yang baik hanya 45,35% dari siswa yang telah melakukan langkah dengan tepat. Dalam hal kemampuan siswa mengevaluasi informasi yang diperoleh secara kritis terhadap sumber informasi dapat dikatakan baik, sebagian besar (72,31%) siswa sudah melakukan dengan tepat. Kemampuan siswa dalam menggunakan informasi dengan cara efektif untuk mencapai tujuan tertentu masih kurang, baru 43,21% siswa yang melakukan dengan tepat. Kemampuan siswa yang sudah paham terhadap isu hukum, ekonomi, sosial seputar penggunaan informasi secara etis dan legal dapat dikatakan kurang sekali, baru sebagian kecil (24,76%) siswa yang sudah memahaminya dengan tepat. Dari penjabaran kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang dinyatakan masih kurang, maka diperlukan keterampilan literasi Informasi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dalam bentuk kegiatan di perpustakaan dan sekolah yang mampu meningkatkan kemampuan literasi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag.,SIP.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 18 Feb 2013 17:17
Last Modified: 10 Jun 2021 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum