STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA DIFABEL TULI DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI

Dian Laila Widyawati, NIM.: 19104030038 (2023) STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA DIFABEL TULI DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA DIFABEL TULI DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI)
19104030038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA DIFABEL TULI DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI)
19104030038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam aktivitas komunikasi antar individu bahasa adalah suatu hal yang utama. Bahasa dapat diajarkan kepada anak mulai dari lingkungan keluarga terutama dari orang tua. Kemampuan berbahasa orang tua dalam berbahasa sangat beragam, terlebih orang tua yang menyandang disabilitas tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui penerapan pola asuh yang dilakukan oleh orang tua difabel Tuli dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. (2) Mengetahui perkembangan bahasa anak yang diasuh oleh orang tua difabel Tuli. (3) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung yang dialami oleh orang tua Difabel Tuli dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu sejak 3 Februari 2023 sampai 2 Maret 2023. Penelitian ini dilaksanakan di 2 tempat, yaitu di rumah keluarga Bapak Dd yang berlokasi di Desa Puwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta dan di rumah keluarga Bapak Tn di Desa Denggung, Triadi, Kecamatan Sleman. Subjek penelitian ini adalah 2 pasang orang tua difabel Tuli dan 2 anak berusia 4 tahun dari masing-masing keluarga. Hasil di lapangan menunjukkan bahwa (1) Keluarga 1 menerapkan pola asuh demokratis dan melibatkan anggota keluarga besar dalam mengasuh anak. Sedangkan, keluarga 2 memiliki pola asuh demokratis-otoriter dan sedikit melibatkan orang lain dalam mengasuh anak. (2) Perkembangan bahasa anak yang diasuh dengan melibatkan keluarga dan orang sekitar secara masif membuat anak mengenal beragam bahasa, artikulasi yang dimiliki juga jelas. Sedangkan, perkembangan bahasa anak yang diasuh tanpa melibatkan orang lain secara masif dan memberikan akses gawai secara berlebihan menyebabkan anak hanya mendapatkan stimulus bahasa tanpa memberikan respon balik. Sehingga, bahasa anak mengikuti bahasa dari animasi yang disaksikan di gawai. (3) Faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi oleh orang tua difabel Tuli dalam mengasuh anak usia dini, khususnya dalam hal bahasa adalah kemampuan mendengar yang berkurang fungsinya. Sedangkan, faktor pendukung yang dimiliki oleh rang tua difabel Tuli dalam mengasuh anak usia dini, khususnya dalam hal bahasa adalah peran keluarga(orang sekitar) yang turut andil dalam mengembangkan bahasa anak dan kemampuan ekonomi keluarga yang mampu memberikan akses buku, mainan edukatif, dan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hafidh ‘Aziz, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Difabel Tuli, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 09:45
Last Modified: 22 May 2023 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum