PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN DALAM OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AR-ROSYID SURABAYA

Nur Afifah, NIM.: 20204092005 (2023) PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN DALAM OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AR-ROSYID SURABAYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN DALAM OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AR-ROSYID SURABAYA)
20204092005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN DALAM OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AR-ROSYID SURABAYA)
20204092005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah organisasi, koorporasi dan institusi kerja tidak lepas dari faktor sumber daya manusia (SDM) yang memegang peranan penting termasuk di perguruan tinggi yang dikenal dengan SDM dosen. Manajemen sumber daya manusia dosen menjadi urat nadi di sebuah perguruan tinggi, karena faktor manusia (dosen) yang memanajemen, menjadi penentu jalan atau stagnannya kreativitas perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengelolaan manajemen sumber daya manusia dosen, menganalisa pola optimalisasi kinerja sumber daya manusia dosen, mentransformasikan tantangan dalam pengelolaan manajemen sumber daya manusia dosen, dan memaparkan kendala/hambatan pengelolaan manajemen sumber daya manusia dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar-Rosyid Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan SDM Dosen dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: Tahap planning (perencanaan), Tahap organizing (Pengorganisasian), Tahap actuating (Pelaksanaan), dan Tahap controlling (Pengawasan). 2) Pola Optimalisasi Kinerja Sumber Daya Manusia Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar-Rosyid Surabaya meliputi: optimalisasi pada aspek kompetensi pedagogik, optimalisasi pada aspek kompetensi kepribadian, optimalisasi pada aspek kompetensi sosial, dan optimalisasi pada aspek kompetensi profesional. 3) Tantangan yang mempengaruhi SDM dosen dalam optimalisasi kinerja organisasi di STAI Ar-Rosyid Surabaya. Dalam hasil penelitian memberikan dampak positif yaitu 1) Dosen dan staf tenaga pendidikan bisa mengevalusi kinerja organisasi di lembaga STAI Ar-Rosyid. 2) Membentuk solidaritas antar dosen, staff dan Ketua YPS Ar-Rosyid dengan mengadakan rapat sharing session di pacet trawas untuk evaluasi dan penguatan kinerja dosen.3) Mengoptimalkan kinerja sdm dosen dalam memanajemen lembaga perguruan tinggi. Dampak Negatif yaitu 1) YPS Ar-Rosyid masih kesulitan dalam pengoptimalan fasilitas dan penyejahteraan dosen karena kurangnya pendanaan, 2) Lembaga Perguruan Tinggi Islam STAI Ar-Rosyid Surabaya masih dalam tahap pengembangan dimana para dosen masih butuh banyak bimbingan dan dukungan. 3). Setelah evaluasi kinerja membuat sebagian dosen butuh waktu untuk beradaptasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: management; lecturer human resources; optimization; organizational performance
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 10:16
Last Modified: 22 May 2023 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum