BEST PRACTICE NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI BERBASIS METODE TILAWATI AL-QUR’AN

Abd. Rosyid, NIM.: 21204031039 (2023) BEST PRACTICE NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI BERBASIS METODE TILAWATI AL-QUR’AN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BEST PRACTICE NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI BERBASIS METODE TILAWATI AL-QUR’AN)
21204031039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BEST PRACTICE NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI BERBASIS METODE TILAWATI AL-QUR’AN)
21204031039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemerosotan pengetahuan nilai religius belakangan ini semakin tampak, mulai dari anak usia dini, orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Dimana terdapat belum mampu dalam membaca Al-Qur’an, dan tidak tahu urutan beribadah. Maka dari itu dalam penelitian ini, peneliti ingin menjelaskan implementasi best practice nilai religius berbasis metode tilawati Al-Qur’an di RA As-Sakinah Pamekasan Madura. Selain itu, juga menganalisis menerapan metode tilawati serta menemukan implikasi dari best practice nilai religius tersebut. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari stakeholder, para pendidik, dan anak didik di RA As-Sakinah Pamekasan Madura. Sumber data sekunder diperoleh melalui media elektronik, dan berbagai hasil penelitian di berbagai jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, secara induktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Best practice nilai religius berbasis metode tilawati yang diimplementasikan di RA As-Sakinah berupa kegiatan sholat dhuha berjamaah setiap pagi, berinfak di hari jum’at, menghafal hadist hadits dilakukan setiap hari dengan durasi 15 menit, tahfidz juz’amma, dan baca tulis Al-Qur’an setiap hari selasa dan kamis. 2). metode tilawati terbukti mudah dipelajari, menyenangkan, dan sangat menarik bagi anak usia dini. 3). Anak; (a) memiliki budi pekerti luhur; (b) mampu menghafal Al-Qur’an dengan makharijul huruf yang tepat; (c) disiplin melakukan kewajiban ibadah sholat; (d) hafal banyak do’a yang diimplementasikan setiap hari; (e) lancar dalam membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Na’imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: nilai religius; anak usia dini; metode tilawati
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2023 08:26
Last Modified: 23 May 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum