PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BOARDING SCHOOL PADA PESERTA DIDIK DI MI AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL

Wahyu Hidayat, NIM.: 19104080076 (2023) PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BOARDING SCHOOL PADA PESERTA DIDIK DI MI AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BOARDING SCHOOL PADA PESERTA DIDIK DI MI AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL)
19104080076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BOARDING SCHOOL PADA PESERTA DIDIK DI MI AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL)
19104080076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini tentang pembinaan karakter, khususnya karakter disiplin. Hal ini sangat penting dilakukan, karena menjadi dasar dalam pembentukan karakter peserta didik. Dengan adanya hal tersebut, pembinaan yang dilakukan dapat melahirkan peserta didik memiliki kepribadian yang unggul. Serta mampu membawa perubahan di masyarakat di mana mereka tinggal. Melihat kondisi pendidikan di Indonesia yang saat ini masih dipandang belum memenuhi harapan ideal. Akhirnya muncul ide serta inovasi baru, salah satunnya adalah berkembangnya madrasah yang menerapkan sistem berasrama atau sering dikenal boarding school. Sistem boarding school ini memadukan antara pendidikan pesantren dan pendidikan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school, serta faktor pendukung, dan penghambatnya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pamong, pengurus asrama atau guru pendamping, dan santri asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep yang diberikan Miles dan Huberman, berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school di MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul, dalam tahap pengembangan atau pembinaan karakter disiplin telah dilaksanakan. pelaksanaannya meliputi tahap perencanaan, kemudian tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penentuan tujuan yang ingin dicapai ditinjau melalui visi, misi, tujuan, motto, profil lulusan yang di harapkan, kurikulum yang digunakan, dan program kepesantrenan. Perencanaan, dan penentuan pelaksana kegiatan. Penentuan program Asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur. Penunjang pelaksanaan kegiatan Asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur. Tahap pelaksanaan meliputi melaui progam khusus, metode khusus, adanya reward, dan adanya punishment. Tahap evaluasi meliputi evalusi kinerja pengurus asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem. Faktor pendukung pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school di MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul, antara lain: keberadaan, dan kedekatan pengurus, pemberian motivasi dari (perngurus, orangtua, dan kerabat terdekat), lingkungan asrama yang aman, dan nyaman. Adanya reward, dan punishment bagi peserta didik. Faktor penghambat pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school di MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul, antara lain: jumlah pengurus asrama yang kurang, dan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Boarding School, Reward dan Punishment
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 11:35
Last Modified: 22 May 2023 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58796

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum