PENGEMBANGAN BUKU KEGIATAN RAMADAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL UNTUK ANAK-ANAK DI RA SAHABAT TLOGOWONO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Neni Hernawati, NIM.: 16430025 (2023) PENGEMBANGAN BUKU KEGIATAN RAMADAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL UNTUK ANAK-ANAK DI RA SAHABAT TLOGOWONO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU KEGIATAN RAMADAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL UNTUK ANAK-ANAK DI RA SAHABAT TLOGOWONO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
16430025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU KEGIATAN RAMADAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL UNTUK ANAK-ANAK DI RA SAHABAT TLOGOWONO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
16430025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Buku merupakan salah satu sumber belajar bagi anak usia dini. Buku menjadi salah satu media pembelajaran yang lazim digunakan. Namun seiring perkembangan zaman terdapat berbagai macam teknologi yang dapat digunakan. Buku masih menjadi pilihan dalam penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam berbagai tingkatan pendidikan mulai dari tingkatan pendidikan anak usia dini hingga tingkatan pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang berupa buku kegiatan Ramadan untuk meningkatkan nilai agama dan moral untuk anak usia Raudhatul Athfal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunkaan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengambilan data menggunakan teknik observasi ke sekolah, wawancara, dan angket. Tahap analisis dengan mencari berbagai buku yang berkaitan dengan kegiatan Ramadan baik di toko buku offline maupun di toko buku online. Tahap selanjutnya yaitu melakukan perencanaan dengan mendesain buku yang berkaitan dengan kegiatan Ramadan. Tahap pengembangan yaitu dengan mengembangkan produk sebelumnya dengan melakukan pembaharuan materi maupun media. Selanjutnya tahap implementasi yaitu dengan melakukan uji validitas kepada ahli materi dan ahli media, serta diuji cobakan sederhana kepada 15 peserta didik di RA Sahabat. Tahapan evaluasi yaitu dengan mengevaluasi setiap tahapan agar dapat menjadi perbaikan sebagai kritik dan saran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan angka 86,9% yang dapat diartikan bahwa buku kegiatan Ramadan ini masuk kategori Baik. 2) sedangkan hasil yang didapat dari uji validasi yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan angka 82,5% dan dikategorikan Baik. 3) hasil uji Wilcoxon pada uji coba lapangan awal adalah 0.001 < 0.05, sedangkan nilai hasil uji coba lapangan kedua menunjukkan nilai 0.00 < 0.05. Kedua nilai tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran yang berupa Buku Kegiatan Ramadan terhadap nilai agama dan moral anak RA Sahabat. Dari hasil kelayakan dan kefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwaa media pembelajaran Buku Kegiatan Ramadan layak dan efektif dalam pembelajaran untuk Anak-anak di RA Sahabat. Produk buku kegiatan Ramadan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk anak dalam jenjang raudhatul athfal/taman kanak-kanak dengan tema Ramadan dan dapat menjadikan Ramadan setiap anak menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: sumber belajar; perkembangan anak; moral; nilai agama
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2023 09:14
Last Modified: 23 May 2023 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum