PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTs

Lailatul Badriyah, NIM.: 16600087 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
16600087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
16600087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran scrapbook matematika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan (Richey and Klein) dengan tahapan yang meliputi: 1) perencanaan berupa analisis kebutuhan, pengumpulan referensi, pembuatan angket untuk guru dan peserta didik, serta pembuatan instrumen; 2) produksi berupa pengisian angket oleh guru dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan, mendesain scrapbook, dan membuat scrapbook; 3) evaluasi berupa validasi instrumen oleh validator untuk mengukur kevalidan, pengolahan data hasil dari validator, guru dan peserta didik. Penelitian dilakukan di MTs Ma’arif NU 3 Grabag pada kelas VIII D. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni berupa angket. Analisis data dilakukan dengan tenkis analisis data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kualitas scrapbook matematika dengan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli materi 2,85 masuk dalam kategori valid dan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli media sebesar 2,81 juga masuk dalam kategori valid. Untuk hasil penilaian dari guru matematika sebesar 3,75 masuk dalam kategori sangat praktis dan hasil penilaian peserta didik sebesar 3,58 dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hal ini, produk scrapbook matematika dinyatakan valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: scrapbook matematika; kemampuan pemahaman konsep; lingkaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2023 10:13
Last Modified: 23 May 2023 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum