PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS XI MA NURUL IMAN MANDALA JAYA JAMBI

Eri Rahmawati, NIM.: 20204021022 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS XI MA NURUL IMAN MANDALA JAYA JAMBI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HAFALAN MUFRODᾹT SISWA KELAS XI MA NURUL IMAN MANDALA JAYA JAMBI)
20204021022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HAFALAN MUFRODᾹT SISWA KELAS XI MA NURUL IMAN MANDALA JAYA JAMBI)
20204021022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebutuhan siswa dan guru bahasa Arab terhadap Multimedia Pembelajaran Mufrodāt baru di MA Nurul Iman Mandala Jaya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat dan penguasaan Mufrodāt siswa. Selain itu, dikarenakan siswa merasa gemar belajar menggunakan android maka pembelajaran ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan Multimedia Pembelajaran Mufrodāt Dengan Scrabble yang bertujuan untuk; mengetahui bagaimana desain pengembangan Multimedia pembelajaran mufrodāt berbasis scrabble di MA Nurul Iman Mandala Jaya serta bagaimana implementasi dan hasil pengembangan Multimedia pembelajaran mufrodāt berbasis scrabble dalam meningkatkan minat dan hafalan mufrodāt siswa kelas XI MA Nurul Iman Mandala Jaya? Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Yaitu (A) Analyze, (D) Design, (D) Development, (I) Implementation, dan (E) Evaluation. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI B MA Nurul Iman Mandala Jaya, kemudian teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Angket, dan Tes. Data yang digunakan berupa angka dan dihitung menggunakan exel dan SPSS 26. Setelah melakukan analisis kebutuhan dan merancang Multimedia Pembelajaran Mufrodāt dengan Scrabble. Tahap selanjutnya adalah pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari tahap-tahap tersebut antara lain; (1) Desain pengembangan multimedia pembelajaran scrabble diawali peneliti membuka web wordwall http://wordwall.net dan mendaftar menggunakan akun email, setelah terdaftar akun maka klik aktivitas, setelah itu peneliti memasukkan soal kuis beserta jawaban yang benar, selanjutnya peneliti mengatur tampilan game maupun tampilan papan skor yang dapat dilihat oleh peserta didik setelah game selesai dimainkan, dan diakhiri dengan halaman bagikan link atau tautan game yang akan sebarkan kesiswa. (2) Peneliti mengimplementasikan multimedia ini pada ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar dengan meminta respon siswa terhadap penggunaan multimedia tersebut. Pada ujicoba kelompok kecil mendapatkan hasil persentase nilai sebesar 85% berkriteria sangat baik dan pada ujicoba kelompok besar mendapatkan hasil persentase sebesar 85.26% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya, peneliti mengukur hasil pengembangan multimedia dengan SPSS 26 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada minat dan penguasaan mufrodāt siswa kelas XI MA Nurul Iman Mandala Jaya. Hal ini berdasarkan uji paired sample T-test, pada data minat belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi 0,002 dan data hafalan mufrodāt sebesar 0,000 dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa Multimedia Pembelajaran Mufrodāt dengan Scrabble Efektif Untuk Meningkatkan Minat dan hafalan Mufrodāt Siswa Kelas XI MA Nurul Iman Mandala Jaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: multimedia; Pembelajaran Bahasa Arab; scrabble; minat belajar; mufrodat
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 May 2023 11:47
Last Modified: 24 May 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum