PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KARTU DOMINO DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

Alimudin, NIM.: 21204021026 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KARTU DOMINO DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KARTU DOMINO DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA)
21204021026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KARTU DOMINO DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA)
21204021026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tiga hal yaitu: Pertama untuk membuat desain pengembangan media pembelajaran bahasa Arab menggunakan kartu domino untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka. Kedua untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kartu domino untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Kadisoka. Dan yang ketiga ntuk menggambarkan efektivitas media pembelajaran bahasa Arab menggunakan kartu domino untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE teori dari Dick and Carey yang memiliki lima langkah yaitu 1. Analysis, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, 5. Evaluation. Adapun teknik pengumpulan data berupa test yaitu pre-test dan post-test, sedangkan non test yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Desain media pembelajaran bahasa Arab menggunakan kartu domino ini tercantum satu materi yang terdapat gambar dan kosakata bahasa Arab yang ditampilkan menggunakan kartu domino bahasa Arab. 2) Hasil validasi dari beberapa ahli media, ahli materi dan guru berdasarkan data tersebut maka peneliti mengevaluasi hasil akhir media pembelajaran menggunakan kartu domino. Hasil dari ahli media mencapai skor “4,5” dan ahli materi mencapai skor “4.5” dan guru menghasilkan nilai akhir “4.8” dan masing-masing hasil tersebut dapat dikatakan kategori “layak” untuk diuji cobakan kepada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka. 3) Hasil implementasi produk media pembelajaran menggunakan kartu domino di kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka. Berikut hasil akhir nilai siswa melalui perhitungan rumus Aiken, tahapan pre-test mendapatkan skor 51,2, sedangkan post-test mendapatkan skor 92,4. Dan hasil angket respon siswa mendapatkan skor 39,8. Kemudian dari hasil pre-test dan post-test melalui uji normalitas dengan nilai P= 0,01 < 0,05, hal ini dapat dikatakan berdistribusi “normal”. Dan hasil uji sample TTest menunjukkan nilai P=0,01 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan. Maka, dengan uji Paired Sampel T-Test dapat diterima karena nilai pre-test dan post-test mengalami perubahan yang signifikan. Dengan menerapkan media pembelajaran bahasa Arab menggunakan kartu domino berdasarkan hasil Paired Sampel T-Test terdapat perbedaan pre-test dan post-test dengan rerata 41.200. Maka, nilai cohen’s d menunjukkan adanya efek yang besar yaitu 5.677.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Bahasa Arab; kartu domino; mufrodat
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 May 2023 11:47
Last Modified: 24 May 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum