KEPEMIMPINAN POLITIK MUHAMMAD AL-FATIH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI (Studi Analisis Konsep Kepemimpinan Niccolo Machiavelli)

Ratehiro Samanan, NIM.: 18105010031 (2023) KEPEMIMPINAN POLITIK MUHAMMAD AL-FATIH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI (Studi Analisis Konsep Kepemimpinan Niccolo Machiavelli). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN POLITIK MUHAMMAD AL-FATIH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI (Studi Analisis Konsep Kepemimpinan Niccolo Machiavelli))
18105010031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN POLITIK MUHAMMAD AL-FATIH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI (Studi Analisis Konsep Kepemimpinan Niccolo Machiavelli))
18105010031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Al-Fatih disebut sebagai salah-satu pemimpin hebat dalam sejarah Islam, dengan segala pencapaian yang diraih selama menjabat sebagai Sultan ketujuh Daulah Utsmaniyyah (1450-1481 M). Niccolo Machiavelli merupakan seorang filsuf barat yang memiliki karya Il Principe, berisi tentang apa yang harus dilakukan seorang pemimpin untuk mempertahankan kepemimpinannya. Dengan ini penulis tertarik untuk menganalisa bagaimana kepemimpinan politik Muhammad Al-Fatih menggunakan teori kepemimpinan Niccolo Machiavelli. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan dokumentasi sebagai teknik pengambilan data dan interpretasi untuk pengolahan data. Sumber Primer yang digunakan berupa buku karya Ali Muhammad Ash-Shalabi yang berjudul “Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk” dan “Il Principe (Sang Pangeran)” karya Niccolo Machiavelli sebagai rujukan untuk utama teori dan beberapa literature pendukung lainnya berupa buku dan artikel pada jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammad Al-Fatih merupakan sosok pemimpin yang hebat, baik dalam segi kebijakan dan karakteristiknya yang mampu mempertahankan stabilitas negara dan membawa Daulah Utsmaniyyah ke masa kejayaannya. Hal ini dipengaruhi oleh keberuntungan dan kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin dalam mengelola pemerintahannya. Hal ini serupa dengan apa yang disampaikan dalam teori kepemimpinan Niccolo Machiavelli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Alim Roswantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Muhammad Al-Fatih, Niccolo Machiavelli; kepemimpinan
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 May 2023 11:48
Last Modified: 24 May 2023 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum