PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT BERBAHASA DAERAH SEMENDE UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL ANAK USIA DINI DI OKU SELATAN

Devi Narmiyanti, NIM.: 20204032015 (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT BERBAHASA DAERAH SEMENDE UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL ANAK USIA DINI DI OKU SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT BERBAHASA DAERAH SEMENDE UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL ANAK USIA DINI DI OKU SELATAN)
20204032015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT BERBAHASA DAERAH SEMENDE UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL ANAK USIA DINI DI OKU SELATAN)
20204032015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa anak usia dini adalah bagian dari linguistik yang merupakan persoalan yang sangat penting untuk dipelajari. Inovasi dalam pembelajaran Bahasa di sekolah, lingkungan masyarakat dan di rumah akan terus berkembang sepanjang masa. Pembelajaran di sekolah hanya menggunakan media seadanya dan belum ada media buku cerita yang menggunakan Bahasa daerah seperti Bahasa daerah semende. Hal tersebut menyebabkan kurangnya media yang dapat menstimulus Bahasa anak dan kurangnya bervariasi media pembelajaran untuk perkembangan Bahasa anak. Tujuan penelitian ini yaitu penting adanya inovasi buku cerita rakyat berbahasa semende, bagaimana implementasi dan keefektivan buku cerita rakyat berbahasa daerah semende sebagai media pengembangan Bahasa anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut peneliti memanfaatkan media buku cerita rakyat berbahasa daerah semende yang tema tentang asal usul danau ranau sebagai salah satu media pengembangan Bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan Research and Devolpment (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif deskripstif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pentingnya mengembangkan Bahasa anak sejak dini sehingga memudahkan anak untuk berkomunikasi secara kompleks. (2) media buku cerita rakyat berbahasa daerah semende dikatakan layak sebagai media pengembangan Bahasa anak dengan nilai kelayakan pada ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat baik dan penilaian ahli media sebesar 98.6% dengan kategori sangat baik. (3) implementasi buku cerita rakyat berbahasa daerah semende memberikan peran positif untuk anak, guru maupun orangtua dalam mengembangkan Bahasa anak. Sehingga dengan media buku cerita menjadi salah satu media pengembangan Bahasa anak yang dapat menstimulus Bahasa, penambahan pengetahuan tentang cerita rakyat dan pengenalan Bahasa daerah untuk anak yakni Bahasa daerah semende.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag. M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa Anak, Literasi Anak, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 May 2023 09:51
Last Modified: 25 May 2023 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum