RESEPSI JAMAAH MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI PADA ASMA’ ARTO SEBAGAI UANG AZIMAT: STUDI LIVING QURAN DI DESA MUNTUK KAPANEWON DLINGO KAB. BANTUL PROV.D.I.YOGYAKARTA

Latif NurKholifah, NIM.: 18205010102 (2023) RESEPSI JAMAAH MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI PADA ASMA’ ARTO SEBAGAI UANG AZIMAT: STUDI LIVING QURAN DI DESA MUNTUK KAPANEWON DLINGO KAB. BANTUL PROV.D.I.YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI JAMAAH MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI PADA ASMA’ ARTO SEBAGAI UANG AZIMAT: STUDI LIVING QURAN DI DESA MUNTUK KAPANEWON DLINGO KAB. BANTUL PROV.D.I.YOGYAKARTA)
18205010102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI JAMAAH MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI PADA ASMA’ ARTO SEBAGAI UANG AZIMAT: STUDI LIVING QURAN DI DESA MUNTUK KAPANEWON DLINGO KAB. BANTUL PROV.D.I.YOGYAKARTA)
18205010102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan serta sulitnya perekonomian dalam masyrakat Nusantara khusunya ditanah jawa. kisah-kisah tentang kegiatan mistik dalam mencari uang sangatlah kuat seperti lelaku para pedagang yang senang pergi ke dukun-dukun dan ziarah ke tempat-tempat keramat dan menggunakan bermacam-macam jimat serta cara penggunaannya. Di Yogyakarta tepatnya di desa Muntuk Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta terdapat seorang kholifah dari organisasi manaqib Jawahirul Ma’ani yangt melakukan hal yang serupa namun dalam ritualnya menggunakan bacaan-bacaan salah satunya surah tertentu dalam al-Qur’an selain itu ditemukan sebuah simbol atau rajah pada uang yang telah melalui kegiatan ritual-ritual tersebut uang tersebut dinamakan dengan asma’ arto. Dan untuk dapat mengetahui hal ini peneliti menggunakan tori Resepsi . Dari latar belakang tersebut muncullah rumusan masalah dalam penelitian ini. yakni: (1) Bagaimana praktik penggunaan Al-Qur’an dalam asma’ arto sebagai uang azimat bagi Jama’ah Manaqib Jawahirul Ma’ani di Desa Muntuk? (2) Bagaimana resepsi Jamaah Manaqib pada asma’ arto sebagai uang azimat?. Tulisan ini berjenis kualitatif dengan menggabungkan kepustakaan (library rissearch) dan penelitian lapangan (field researc). Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif dengan dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi. Makna yang terkait penggunaan al-Qur’an yang ditemukan merupakan bagian primer dalam penelitian ini. adapun data sekundernya data refremsi yang terkait. Data dalam tulisan ini dikumpulkan dengan tehnik observasi dan interview dan kemudian dianalisis memakai analisis resepsi, dengan tokoh agama dan jamaah sebagai subjek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat praktik ritual asma’ arto yang melibatkan ayat-ayat al-Qur’an, sholawat serta manaqib. Sedangkan resepsi jamaah manaqib Jawahirul Ma’ani lewat ayat-ayat yang terdapat pada rajah pada uang dan ritual ketika melakukan asma’arto menjadikan uang itu berkah sehingga dapat melancar rizki pemiliknya namun tetap dengan jalan berusaha dan bekerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Saifuddin Zuhri, S. Th.I.,M.A.
Uncontrolled Keywords: asma’ arto; Jawahirul Ma’ani; resepsi; living Qur’an; muntuk; azimat.
Subjects: Qur'an Hadis
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 May 2023 07:48
Last Modified: 26 May 2023 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum