KONSTRUKSI SOSIAL KEKERASAN SEKSUAL DAN DAMPAKNYA DI KALANGAN MAHASISWI MUSLIM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS KORBAN KEKERASAN SEKSUAL MAHASISWI DI YOGYAKARTA)

Helmalia Darwis, NIM.: 20205022004 (2023) KONSTRUKSI SOSIAL KEKERASAN SEKSUAL DAN DAMPAKNYA DI KALANGAN MAHASISWI MUSLIM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS KORBAN KEKERASAN SEKSUAL MAHASISWI DI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI SOSIAL KEKERASAN SEKSUAL DAN DAMPAKNYA DI KALANGAN MAHASISWI MUSLIM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS KORBAN KEKERASAN SEKSUAL MAHASISWI DI YOGYAKARTA))
20205022004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI SOSIAL KEKERASAN SEKSUAL DAN DAMPAKNYA DI KALANGAN MAHASISWI MUSLIM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS KORBAN KEKERASAN SEKSUAL MAHASISWI DI YOGYAKARTA))
20205022004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa merupakan kelompok yang elit, namun demikian tidak sedikit mahasiswa di perguruan tinggi mengalami korban kekerasan seksual. Kampus atau perguruan tinggi yang seharusnya memberikan ruang aman untuk menuntut ilmu justru menjadi tempat terjadinya kasus kekerasan seksual. Perguruan tinggi menempati peringkat tertinggi jika dibandingkan dengan jenjang pendidikan lainnya dalam hal kekerasan seksual di ranah institut pendidikan. Penelitian ini menjawab pertanyaan, yaitu pertama, bagaimana konstruksi mahasiswi tentang kekerasan seksual? Kedua, apa bentuk-bentuk dan dampaknya kekerasan seksual yang dialami mahasiswi? Ketiga, bagaimana fungsi agama bagi korban kekerasan seksual? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data yaitu mahasiswi di perguruan tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil hasil wawancara terhadap delapan orang yaitu selaku korban kekerasan seksual. Narasumber dari penelitian ini dipilih berdasarkan kriteria. Adapun data yang dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul dianalisis dengan cara analisis filosofis deskriptif, yaitu menguraikan serta memaparkan data berdasarkan data dari hasil temuan-temuan yang peneliti peroleh melalui wawancara. Untuk menjawab rumusan masalah peniliti menggunakan teori konstruksi sosial Michel Foucault. Penelitian ini menemukan bahwa konstruksi mahasiswi tentang kekerasan seksual, yaitu bahwa pakaian sebagai menjadi penyebab kekerasan seksual dan korban cenderung akan disalahkan. Ini menunjukkan bahwa konstruksi yang terjadi pada mahasiswi tentang pakaian dapat mendominasi cara berfikir perempuan dalam melihat dirinya. Sehingga beranggapan bahwa dirinyalah yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan seksual. Bentuk-bentuk kekerasan seksual yang dialami fenomena terkait dampak kekerasan seksual terhadap mahasiswi merupakan kasus yang sangat ekstrem dan melibatkan banyak korban. Sehingga, hal tersebut memunculkan akan pengetahuan dalam kepribadian korban kekerasan seksual yang mengakibatkan korban akan mengalami gangguan mental yang berkepanjangan, seperti rasa trauma, emosional, hingga depresi. Bagi korban memfungsikan agama dengan melihat bahwa agama sebagai penenang korban. Dalam hal ini, agama dapat memberikan motivasi serta menenangkan korban untuk bangkit dari keterpurukan dan kelemahan yang dialami. Di samping itu, salah satu langkah dalam agama dengan cara berzikir merupakan hal yang bisa menenangkan hati atau mengurangi stress terhadap korban kekerasan seksual. Berzikir memberikan berbagai keutamaan yang sangat baik untuk seorang Muslim.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A.
Uncontrolled Keywords: konstruksi sosial; kekerasan seksual; mahasiswa
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 May 2023 09:50
Last Modified: 29 May 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum