PERILAKU KEAGAMAAN DAN SPIRIT KERJA (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta)

Gibran Zahra Abida Rilana, NIM.: 19105040078 (2023) PERILAKU KEAGAMAAN DAN SPIRIT KERJA (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KEAGAMAAN DAN SPIRIT KERJA (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta))
19105040078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KEAGAMAAN DAN SPIRIT KERJA (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta))
19105040078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman penganut agama mengenai agama itu sendiri memiliki pengaruh dalam perilaku sehari-harinya. Agama dalam diri masing-masing penganutnya menjadi suatu sistem nilai yang memuat norma-norma tertentu. Secara umum sistem nilai yang berdasarkan agama dapat memberi individu dan masyarakat perangkat sistem nilai dalam bentuk pembenaran dalam mengatur sikap individu dan masyarakat. Penelitian ini memiliki titik fokus dalam membahas agama yang dianut dan dijalani oleh PKL Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta. Dalam penelitian ini, agama sebagai sistem nilai yang berpengaruh besar bagi kehidupan pribadi penganutnya, juga sangat tampak dalam kehidupan anggota PKL Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta. Penelitian ini menjawab dua hal, yakni (1) Bagaimana Keberagamaan PKL Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta; (2) Bagaimana nilai keberagamaan menjadi spirit kerja PKL Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta. Penelitian ini penulis menggunakan model penelitian lapangan yakni metode kualitatif yang berarti mencari abstraksi yang ditata secara khusus dari data yang diperoleh dan dikelompokkan bersama-sama melalui pengumpulan data selama penelitian berlangsung. Data yang sudah dikumpulkan kemudian disusun dan diolah dengan menggunakan metode deskriptif dan analisis. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan sosiologis dengan pisau analisis tindakan sosial Max Weber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Pola keberagamaan setiap individu berbeda. Adapun pola-pola yang ditemukan adalah (1) Agama sebagai ajaran moral, (2) Agama yang diyakini dalam mengajarkan perihal kebaikan (3) Agama sebagai penenang kegelisahan (4) Agama hampir tidak berkaitan dengan kehidupan sosial. Kedua, Nilai keberagamaan yang menjadi spirit keberagamaan dalam PKL Paguyuban Angkringan Danurejan Malioboro (PADMA) Yogyakarta lebih mengacu kepada agama dijadikan sebagai ajaran moral dan agama sebagai etika dalam berbisnis. Ajaran ataupun etika agama yang diamalkan dalam berbisnis diantaranya yakni kejujuran, kebersihan, penerimaan, prinsip saling menguntungkan, dan prinsip keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Yaser Arafat, M.A.
Uncontrolled Keywords: angkringan; keberagamaan; ajaran moral; etika bisnis; Pedagang Kaki Lima (PKL)
Subjects: Sosiologi Agama
Etika Kerja Islami
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 May 2023 09:31
Last Modified: 30 May 2023 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum