ANJURAN MEMATIKAN LAMPU KETIKA TIDUR, MENUTUP PINTU, MENUTUP WADAH MAKANAN DAN MINUMAN (RELASI ANTARA HADIS DAN SAINS)

Muhammad Aufa Rifki Dzakwan, NIM.: 19105050022 (2023) ANJURAN MEMATIKAN LAMPU KETIKA TIDUR, MENUTUP PINTU, MENUTUP WADAH MAKANAN DAN MINUMAN (RELASI ANTARA HADIS DAN SAINS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANJURAN MEMATIKAN LAMPU KETIKA TIDUR, MENUTUP PINTU, MENUTUP WADAH MAKANAN DAN MINUMAN (RELASI ANTARA HADIS DAN SAINS))
19105050022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANJURAN MEMATIKAN LAMPU KETIKA TIDUR, MENUTUP PINTU, MENUTUP WADAH MAKANAN DAN MINUMAN (RELASI ANTARA HADIS DAN SAINS))
19105050022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berbicara hadis dan sains tentu saja sampai sekarang masih banyak terjadi perdebatan dalam memahami suatu peristiwa yang ada, sebagaimana dalam penelitian ini membahas hadis tentang mematikan lampu, menutup pintu, dan menutup wadah makanan. Pemahaman terhadap hadis di zaman sekarang telah mengalami perkembangan, salah satunya adalah memahami hadis yang mempunyai makna sains seperti yang dilakukan oleh ulama kontemporer saat ini yakni Zaghlul An-Najjar. Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua dalam rumusan masalah, yaitu pertama, bagaimana status hadis mematikan lampu, menutup pintu, menutup wadah makanan dan minuman, kedua, bagaimana pemahaman hadis mematikan lampu, menutup pintu, menutup wadah makanan dan minuman dengan menggunakan metode Zaghlul An-Najjar. Metode penelitian yang digunakan ini termasuk kualitatif, yang berbasis data-data kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan sains dan pengolahan data secara deskriptif dan analisis. Hasil dari penelitian ini ialah ditinjau dari segi sanad hadis, maka hadis tersebut berkualitas sahih. Sedangkan dari segi matan, hadis tersebut tergolong hadis maqbul atau dapat diterima karena tidak bertentangan dengan Al-Qur’an, hadis lainnya, akal sehat, dan fakta sejarah. Kemudian hasil pemahaman hadis dengan sains menggunakan metode Zaghlul An-Najjar dalam upaya untuk memahami relasi antara hadis dan sains, terdapat tiga point. Pertama, anjuran mematikan lampu saat tidur memliki hubungan untuk menjaga kualitas saat tidur, yang mana cahaya pada saat tidur dapat menghambat pembentukan hormon melantonin dan hormon melantonin ini merupakan hormon yang menjaga kualitas tidur setiap orang. Kedua, anjuran menutup pintu selain untuk menjaga kemaslahatan agama dan duniawi juga mempunyai maksud untuk menjauhkan setan agar tidak berbaur dengan manusia yang mana di dalam sains setan tersebut dapat menyebabkan rasa negatif terhadap diri manusia, yang hal itu dapat menyebabkan munculnya reaksi hormon berlebih yang dapat menyebabkan stress. Ketiga, perintah menutup makanan dan minuman memiliki hubungan dengan adanya mikroorganisme (bakteri) yang tidak tampak secara kasat mata, yang apabila bakteri tersebut masuk kedalam tubuh manusia maka akan berdampak pada kesehatan dan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Dahlan, Lc., M.A
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur; menutup pintu; Takhrij Hadis; Matan Hadis
Subjects: Ilmu Hadits
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 May 2023 09:56
Last Modified: 29 May 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum