PERGESERAN KHARISMA KIAI PADA MASYARAKAT DESA MELEK INFORMASI (STUDI DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP)

Anisa Zain Azzahra, NIM.: 19105040044 (2023) PERGESERAN KHARISMA KIAI PADA MASYARAKAT DESA MELEK INFORMASI (STUDI DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERGESERAN KHARISMA KIAI PADA MASYARAKAT DESA MELEK INFORMASI (STUDI DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP))
19105040044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERGESERAN KHARISMA KIAI PADA MASYARAKAT DESA MELEK INFORMASI (STUDI DI DESA ADIMULYA, KECAMATAN WANAREJA, KABUPATEN CILACAP))
19105040044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena mengenai pergeseran kharisma kiai merupakan sebuah persoalan tentang kiai di ruang digital yang terjadi di Indonesia. Maksud dari pergeseran kharisma kiai disini yaitu kharismanya tetap ada tetapi ruang medianya untuk hadir tidak lagi pada ruang sosial, tetapi sudah ruang digital. Seperti yang terjadi di Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, dimana posisi kiai sebagai referensial masyarakat mengenai sosial kegamaan tergeser karena adanya perkembangan teknologi informasi. Meskipun begitu, mereka tidak dapat terhindar dari kebutuhan spiritual dimana hal tersebut tidak dapat digantikan oleh gadget, yaitu dalam hal meminta do’a dan kepuasan beribadah masih memposisikan kiai sebagai pemimpinnya. Adapun yang menjadi fokus penelitian pada skripsi ini yaitu mengenai pergeseran kharisma kiai pada masyarakat melek informasi di Desa Adimulya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang didalamnya terdapat sumber data primer yaitu observasi dan wawancara terhadap tujuh masyarakat muslim di Desa Adimulya yang merupakan kiai dan jamaah tahlilan, serta pihak-pihak desa yang berhubungan dengan aspek demografi Desa Adimulya untuk memperoleh data yang akurat. Adapun sumber data sekunder yaitu berasal dari referensi yang diperoleh melalui literatur yang berkaitan dengan pergeseran kharisma kiai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kepemimpinan Kharismatik dari Max Weber. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pergeseran kharisma kiai yang terjadi disebabkan karena masyarakat yang melek informasi dimana mereka semakin tidak tergantung dengan kiai dalam konteks pengetahuan agama. Tetapi dalam do’a maupun kepuasan beribadah mereka masih bergantung pada kiai. Jadi kiai disini masih memiliki kharisma meskipun masyarakat sudah rasionalitas. Adapun faktor penyebab masyarakat semakin individualis yaitu karena rasionalitas masyarakat, dan semakin terbukanya atau bekembangnya teknologi informasi. Selain itu perekonoian masyarakat juga meningkat sehingga mempengaruhi faktor tersebut. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan masyarakat menjadi bersifat individualis karena bergantung kepada gadget terutama dalam mencari pengetahuan tentang keagamaan di iinternet. Rasionalitas masyarakat karena keterbukaan informasi telah mengubah relasi kharisma kiai terutama pada ruang medianya. Pada akhirnya sosok kiai masih dibutuhkan pada ruang privat dan publik meskipun rasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, S.S., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kiai; melek informasi; kharisma
Subjects: Sosiologi Agama
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 May 2023 10:58
Last Modified: 29 May 2023 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum