PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL (STUDI KASUS BUMDES KULING KABOI DI DESA BANGA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH)

Abd. Wahid Al Mubarraq Hamka, NIM.: 20200011042 (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL (STUDI KASUS BUMDES KULING KABOI DI DESA BANGA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL (STUDI KASUS BUMDES KULING KABOI DI DESA BANGA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH))
20200011042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL (STUDI KASUS BUMDES KULING KABOI DI DESA BANGA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH))
20200011042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi desa BuMDes adalah lembaga usaha desa yang dijalankan oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa. Salah satu desa terbaik untuk mengelola BUMDes di tingkat Kabupaten Buton Tengah tahun 2020 adalah Desa Banga yang terletak di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan BUMDes Kuling Kaboi serta efisiensi pengelolaan BUMDes Kuling Kaboi. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif untuk menelaah data yang terkumpul secara mendalam, detail, dan presisi. menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis datanya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Desa Banga cukup antusias dalam prakarsa pembangunan sosial melalui BUMDes Kuling Kaboi hal ini terlihat dari keterlibatan masyarakat dalam setiap kegiatan BUMDes, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan program hingga evaluasi, sehingga program berjalan dengan baik dan solid karena ada kerja sama yang baik antara pemerintah desa, pengurus BUMDes Kuling Kaboi dan masyarakat Desa Banga. Efektivitas penyelenggaraan program BUMDes Kuling Kaboi di Desa Banga dalam keterlibatan, adaptasi, misi, dan konsistensi dapat berjalan dengan efektif walaupun peningkatan kompetensi belum dilakukan secara merata kepada semua pengelola BUMDes serta kedepannya dapat meningkatkan pendapatan dalam pengelolaan BUMDes sehingga porsi pembangunan desa bisa lebih besar sehingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Banga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muh. Ulil Absor, S.H.I., MA
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Organisasi, Pembangunan Sosial
Subjects: Pekerjaan Sosial
Pembangunan Desa
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 May 2023 14:20
Last Modified: 29 May 2023 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum