TOLERANSI DALAM PERBEDAAN KEYAKINAN DITINJAU DARI PERSEPSI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MULTIETNIS SDN 013 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA

Debby Sulistia, NIM.: 20200012046 (2023) TOLERANSI DALAM PERBEDAAN KEYAKINAN DITINJAU DARI PERSEPSI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MULTIETNIS SDN 013 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TOLERANSI DALAM PERBEDAAN KEYAKINAN DITINJAU DARI PERSEPSI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MULTIETNIS SDN 013 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA)
20200012046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TOLERANSI DALAM PERBEDAAN KEYAKINAN DITINJAU DARI PERSEPSI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MULTIETNIS SDN 013 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA)
20200012046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penghormatan terhadap berbagai perspektif agama dan filsafat disebut sebagai toleransi beragama. Surat Al-Kafirun ayat penanaman Nilai-nilai toleransi sangat penting ditanamkan pada siswa sejak dini, agar tertanam dan diterapkan hingga siswa tersebut dewasa, dengan ditanamkan nilai-nilai toleransi, siswa dapat menghargai perbedaan agar proses pembelajaran menjadi efisien dan sederhana, seperti perbedaan bakat, usia, jenis kelamin, status sosial ekonomi, warna kulit, dan etnis. metodologi kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengetahui Bagaimana Guru-guru Pendidikan Agama di sekolah SDN 013 Argamakmur membentuk presepsi siswa terhadap perbedaan keyakinan menggunakan materi Pendidikan Agama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Guru-guru Pendidikan Agama di sekolah SDN 013 Argamakmur membentuk persepsi siswa terhadap perbedaan keyakinan menggunakan materi Pendidikan Agama, untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap Pendidikan Agama yang mengajarkan toleransi dalam perbedaan keyakinan di sekolah multietnis SDN 013 Argamakmur Bengkulu Utara. Hasil penelitian Bagaimana Guru-guru Pendidikan Agama di Sekolah multietnis SDN 013 Argamakmur membentuk presepsi siswa terhadap perbedaan keyakinan Penanaman nilai-nilai toleransi sangat penting ditanamkan sejak anak-anak usia dini agar tertanam hingga anak itu dewasa, karna kita hidup di negara yang masyarakatnya berbeda suku, bahasa, agama dan budaya, pembelajaran toleransi ini penting agar kita hidup dengan damai. metode dalam menanamkan nilai-nilai toleransi yaitu yang pertama metode qishah atau cerita, yang kedua metode uswah atau keteladanan, yang ketiga metode pembiasaan. Bagaimana presepsi siswa terhadap Pendidikan Agama yang mengajarkan toleransi dalam perbedaan keyakinan di sekolah mutietnis SDN 013 Argamakmur Bengkulu Utara, persepsi siswa terhadap Toleransi bukan hanya karna pembelajaran di kelas, tapi juga karna keteladana langsung yang mereka lihat, dicontohkan langsung oleh tenaga pengajar, bukan saja dari guru agama, tapi juga dari seluruh gurunya, karena tenaga pengajarnya pun dari agama yang berbeda, dan juga presepsi siswa terbentuk dari lingkungannya, karna kebanyakan siswa tinggal di lingkungan yang dinobatkan sebagi desa percontohan umat beragama, lingkungan sekolahnya pun melambangkan toleransi, di sebelah sekolah ada gereja Katolik di belakang sekolah ada gereja umat Kristiani, di belakang gereja Katolik ada pure umat Hindu dan di sebelah kanan gereja Katolik adan vihara, sebelah vihara ada masjid.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Fauzi, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Guru, Siswa, Perbedaan
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Toleransi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 May 2023 14:24
Last Modified: 29 May 2023 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58954

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum