SPIRIT THOLAB AL-‘ILMI PADA ERA CYBERNETIC ORGANISM (CYBORG) BAGI KALANGAN SANTRI STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOREJO

Arienda Addis Prasetyo, NIM.: 20200012061 (2023) SPIRIT THOLAB AL-‘ILMI PADA ERA CYBERNETIC ORGANISM (CYBORG) BAGI KALANGAN SANTRI STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SPIRIT THOLAB AL-‘ILMI PADA ERA CYBERNETIC ORGANISM (CYBORG) BAGI KALANGAN SANTRI STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOREJO)
20200012061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SPIRIT THOLAB AL-‘ILMI PADA ERA CYBERNETIC ORGANISM (CYBORG) BAGI KALANGAN SANTRI STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOREJO)
20200012061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mesin dan komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari manusia, yang disebut cyborg. Sebagai hasil dari manifestasi fenomena tersebut, penelitian ini penting untuk mempelajari spirit tholab al’ilmi santri Al-Iman Bulus, Darul Hikmah Kutoarjo dan Ma' hadil Ulumisyar'iyyah menggunakan teori aksi (volluntarsm action theory) Weber dan perilaku informasi (information behavior) Wilson. Adapun jenis penelitiannya, yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan tunggal terpancang (embedded research), pengumpulan data dengan wawancara 11 informan. Metode analisis yang meliputi tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dengan menggunakan pendekatan teori dan metodologi di atas, peneliti menemukan spirit tholab al’ilmi dapat terjadi melalui proses pematangan dan interaksi santri dengan pesantren. Pembentukan dan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari suatu proses, interaksi antara individu dengan lingkungan, yaitu melalui proses belajar perilaku santri di pondok pesantren sebagian besar berkaitan dengan betapa pentingnya bagi orang-orang yang dianggap penting. Dalam konteks ini, orang yang berpartisipasi dalam proses pencarian informasi adalah santri. Peneliti dapat menginterpretasikan tindakan santri dalam mencari informasi adalah proses spirit tholab al-' ilmi dengan memahami interaksi sosial santri dengan kiai, santri dengan ustaz, santri dengan santri dan memahami motif islami di balik aturan pesantren untuk membatasi penggunaan ponsel di pesantren. Santri sebenarnya kurang tertarik dengan handphone karena banyak kontra dan ilmu yang mereka butuhkan. Santri melakukannya tidak bergantung pada gawai tersebut dalam kehidupannya, bahkan alat lain seperti menggunakan mesin cuci untuk mencuci, kettle listrik untuk memanaskan air, rice cooker untuk memasak nasi, karena dianggap terlalu memanfaatkan teknologi akan menjadi malas dan menghambat proses spirit tholab al-' ilmi, kreativitas, sosial dan ekonomi. Justru teknologi dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagaimana fungsinya, untuk menunjang ektrakulikuler yang sudah di fasilitasi oleh pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ja'far Assagaf, M.A.
Uncontrolled Keywords: Cybernetic Organism (Cyborg), Pesantren, Tholab al-' ilmi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 May 2023 14:30
Last Modified: 29 May 2023 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58956

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum