PENANGANAN KORBAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS P2TP2A KABUPATEN BANYUWANGI)

Irfan Hamdani Ratomi, NIM.: 20200012074 (2023) PENANGANAN KORBAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS P2TP2A KABUPATEN BANYUWANGI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN KORBAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS P2TP2A KABUPATEN BANYUWANGI))
20200012074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN KORBAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS P2TP2A KABUPATEN BANYUWANGI))
20200012074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) merupakan lembaga pemerintah dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pelayanan terpadu maupun tantangan yang dilakukan oleh P2TP2A dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan sebagai subyek penelitian dilakukan secara purposif, diantaranya sekretaris tetap P2TP2A, pendamping, pekerja sosial, korban kekerasan, peserta pembentukan forum anak dan pengelola bengkel sakinah. Sedangkan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Penelitian ini menemukan bahwa P2TP2A dalam pelaksanaan pencegahan kekerasan dengan melakukan sosialisasi ditingkat sekolah maupun tingkat kecamatan dengan tema anti kekerasan perempuan dan anak kemudian dalam pelaksanaan penanganan korban kekerasan dengan melakukan penerimaan pengaduan atau pelaporan, melakukan pendampingan hukum, pendampingan kesehatan seperti visum dan psikolog, pendampingan di rumah aman serta pemulangan dan reintegrasi sosial korban kekerasan perempuan dan anak. Anggaran dalam pelaksanaan pencegahan dan penanganan kekerasan perempuan dan anak bersumber dari Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya dalam implementasi sistem pelayanan terpadu yakni koordinasi dengan sekolah, kecamatan, polresta, rumah sakit maupun pekerja sosial. Model pelayanan terpadu dalam pelaporan korban kekerasan dengan melakukan kerjasama dengan bengkel sakinah kemudian kerjasama dengan Rumah Sakit, Polresta dan Pekerja Sosial dalam penanganan kekerasan. Sedangkan, tantangan yang dihadapi P2TP2A yakni kurangnya sumber daya manusia khususnya tenaga pendamping maupun tenaga profesional psikolog serta meningkatkan anggaran dan meningkatkan koordinasi internal seperti koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan kekerasan perempuan dan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Moh. Ulil Absor, S.H.I., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Penanganan, Kekerasan pada Perempuan dan Anak, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Banyuwangi.
Subjects: Gender
KEKERASAN - ANAK
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 May 2023 14:32
Last Modified: 29 May 2023 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum