TRADISI MEMBACA RATIB AL-HADDAD SEBAGAI UPAYA PENANGKAL SIHIR DI DESA TEGALBULEUD SUKABUMI (STUDI LIVING HADIS)

Sholahudin Fahmi Yusuf, NIM.: 18105050046 (2023) TRADISI MEMBACA RATIB AL-HADDAD SEBAGAI UPAYA PENANGKAL SIHIR DI DESA TEGALBULEUD SUKABUMI (STUDI LIVING HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI MEMBACA RATIB AL-HADDAD SEBAGAI UPAYA PENANGKAL SIHIR DI DESA TEGALBULEUD SUKABUMI (STUDI LIVING HADIS))
18105050046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRADISI MEMBACA RATIB AL-HADDAD SEBAGAI UPAYA PENANGKAL SIHIR DI DESA TEGALBULEUD SUKABUMI (STUDI LIVING HADIS))
18105050046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembacaan Ratib al-Haddad di Desa Tegalbuleud Sukabumi yang memiliki tujuan berbeda dari kegiatan pembacaan Ratib al-Haddad pada umumnya, yang mana salah satu tujuan masyarakat Desa Tegalbuleud dari kegiatan pembacaan Ratib al-Haddad adalah untuk menjaga tempat tinggalnya dari praktik ilmu sihir. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam seperti apa pemaknaan pembacaan Ratib al-Haddad di Desa Tegalbuleud. Apabila di uraikan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini di bagi menjadi tiga pokok bahasan. Yaitu : 1. Bagaimanakah pelaksanaan pembacaan Ratib al-Hadad di Desa Tegalbuleud Sukabumi?. 2. Bagaimanakah resepsi masyarakat terhadap hadis penangkal sihir yang ada dalam praktik pembacaan Ratib al-Hadad? 3. Bagaimanakah pengaruh Ratib al-Hadad serta pemaknaan dan pemahaman masyarakat terkait fenomena praktik pembacaan Ratib al-Hadad? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, maka metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di lapangan berdasarkan data-data dari para informan. Data-data tersebut penulis dapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi, yaitu teori yang dipakai untuk menggali sebuah makna yang tersembunyi dari suatu peristiwa. Teori fenomenologi menjadi bahan pisau analisis penulis dalam menjawab rumusan masalah. Hasil dan pembahasan: pertama, kegiatan pembacaan Ratib al-Haddad di Desa Tegalbuleud dilaksanakan seminggu sekali di setiap masjid yang ada di wilayah tersebut. Pelaksanaan kegiatan tersebut meliputi 3 tahapan penting, yaitu pra acara, pelaksanaan dan penutup. Kedua , resepsi masyarakat terhadap hadis-hadis penangkal sihir, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui landasan haditsnya. Selama ini masyarakat mengamalkan pembacaan Ratib al-Haddad untuk menangkal sihir hanya berdasarkan dari keterangan para kyai yang sering mengisi ceramah dalam kegiatan pembacaan Ratib al-Haddad. Hadis-hadis yang disampaikan para tokoh kyai tersebut berdasarkan dari keutamaan setiap bacaan yang ada di dalam Ratib al-Haddad. Ketiga, pemaknaan praktik pembacaan Ratib al-Haddad adalah amalan dzikir untuk meminta perlindungan kepada Allah dari praktik ilmu sihir, membuat hati menjadi lebih tentram, dapat memperlancar usaha, pemaknaan Ratib al-Haddad bagi masyarakat Desa Tegalbuleud juga sebagai media dakwah untuk membimbing masyarakat supaya memiliki iman dan tauhid yang kokoh. Pemaknaan pembacaan Ratib al-Haddad oleh setiap masyarakat menjadi beragam, karena dipengaruhi oleh pengalaman setiap individu yang berbeda-beda. Adapun pengaruh pembacaan Ratib al-Haddad di Desa Tegalbuleud Sukabumi berpengaruh kuat pada 3 aspek. Rohani, ekonomi dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dadi Nurhaedi, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ratib al-Haddad; sihir; living hadis
Subjects: Ilmu Hadits
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 May 2023 11:34
Last Modified: 30 May 2023 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum