RELASI KUASA TUBUH MUSLIMAH ATAS NORMALISASI PENGGUNAAN JILBAB DI KAMPUS ISLAM (Studi Mahasiswa Universitas Nladhatul Ulama Yogyakarta)

Nisrina Zain, NIM.: 18105040021 (2023) RELASI KUASA TUBUH MUSLIMAH ATAS NORMALISASI PENGGUNAAN JILBAB DI KAMPUS ISLAM (Studi Mahasiswa Universitas Nladhatul Ulama Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI KUASA TUBUH MUSLIMAH ATAS NORMALISASI PENGGUNAAN JILBAB DI KAMPUS ISLAM (Studi Mahasiswa Universitas Nladhatul Ulama Yogyakarta))
18105040021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RELASI KUASA TUBUH MUSLIMAH ATAS NORMALISASI PENGGUNAAN JILBAB DI KAMPUS ISLAM (Studi Mahasiswa Universitas Nladhatul Ulama Yogyakarta))
18105040021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang peneitian ini, berangkat dari setiap manusia terkhusus wanita memiliki hak kuasa atas tubuhnya untuk menampilkan citranya, yang mana dalam Islam sendiri wanita dihadapkan dengan kewajiban berjilbab, agar menjadi muslimah yang baik sehingga memiliki tantangan tersendiri dalam menjalani konsep normalisasi tersebut, dan sesuai dengan objek kajian yaitu di UNU Yogyakarta dengan menggunakan analisis teori relasi kekuasaan Michael Foucalt kiranya dapat memberikan jawaban terhadap interdisipliner yang ada pada institusi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan konsep normalisasi jilbab terhadap mahasiswi UNU Yogyakarta, 2) Untuk dapat menganalisis peran dan pengaruh relasi kuasa terhadap normalisasi jilbab bagi mahasiswi UNU Yogyakarta, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan latar UNU Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Normalisasi di ruang institusi ditetapkan oleh alat normalisasi yang dapat dilihat dari peraturan yang ditetapkan oleh institusi, 2) Relasi kuasa bekerja diruang mikro, dan Foucault juga menjelaskan adanya keterkaitan antara tubuh dengan institusi yang mana institusi ikut serta menentukan aktivitas tubuh bersama institusi sehingga institusi menormalisasikan adanya peraturan terhadap tubuh. Di UNU Yogyakarta pendisiplinan tubuh dalam penggunaan jilbab bersifat positif, dimana mahasiswi secara sengaja mendaftarkan diri dan siap untuk menjalani rangkaian pendisiplinan melalui pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag M.Pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: jilbab; normalisasi; pendisiplinan
Subjects: Sosiologi Agama
Hukum Islam > Fiqih > Hijab - Jilbab
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 May 2023 12:37
Last Modified: 30 May 2023 12:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum