ETOS KOMUNITAS DALAM MEMBANGUN GERAKAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI FILANTROPI (Studi Pada : Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar)

Miftakhul Jannah, NIM.: 18105040023 (2023) ETOS KOMUNITAS DALAM MEMBANGUN GERAKAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI FILANTROPI (Studi Pada : Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETOS KOMUNITAS DALAM MEMBANGUN GERAKAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI FILANTROPI (Studi Pada : Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar))
18105040023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ETOS KOMUNITAS DALAM MEMBANGUN GERAKAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI FILANTROPI (Studi Pada : Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar))
18105040023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Filantropi merupakan sebuah ilmu tentang cinta kasih atau kedermawanan kepada sesama manusia. Ilmu ini terus berkembang seiring berjalannya zaman. Upaya mempromosikan filantropi untuk tujuan terwujudnya keadilan sosial telah dilakukan oleh elemen masyarakat. Perwujudan kedermawanan filantropi dapat diimpelentasikan kedalam bentuk dan kegiatan yang ada pada komunitas Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar. Perpustakaan jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar merupakan sebuah komunitas yang bergerak pada bidang sosial-pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi, intelektualitas, kratifitas serta kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, yang di lakukan Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data Primer yaitu dua orang pegiat dan sepuluh orang pengunjung atau penerima manfaat dari Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah buku, jurnal, data kependudukan, dan data geografis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalui pendekatan sosiologis menggunakan teori filantropi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, pertama Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar (Barakata Pustaka) mampu mewujudkan bentuk kedermawanan filantropi kedalam bentuk Social Movement, Edukasi dan Amal sosial. Kedua, Perpustakaan Jalanan Barakata Pustaka Kota Blitar merepretasikan program kegiatan serta bantuannya dengan menggunakan konsep filantropi tradisional dan filantropi modern. Kegiatan ini juga merupakan bentuk filantropi kreatifitas yang memiliki nilai sedekah dan wakaf karena perpustakaan jalanan perupakan ide baru dalam konsep filantropi dengan memberikan bantuan serta manfaat tanpa mengambil imbalan sedikitpun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Yasser Arafat, M.A
Uncontrolled Keywords: gerakan sosial; perpustakaan jalanan; filantropi
Subjects: Sosiologi Agama
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 May 2023 14:08
Last Modified: 30 May 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum