PENERAPAN KONSEP TEACHER LIBRARIAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME STRUKTURAL DI SEKOLAH TUMBUH YOGYAKARTA

Dwi Wijatiningsih, S.Hum, NIM.: 18200010228 (2022) PENERAPAN KONSEP TEACHER LIBRARIAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME STRUKTURAL DI SEKOLAH TUMBUH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSEP TEACHER LIBRARIAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME STRUKTURAL DI SEKOLAH TUMBUH YOGYAKARTA)
18200010228_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSEP TEACHER LIBRARIAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME STRUKTURAL DI SEKOLAH TUMBUH YOGYAKARTA)
18200010228_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengenali alasan Sekolah Tumbuh Yogyakarta menerapkan konsep teacher librarian di perpustakaan sekolah, apa saja keterlibatan pimpinan dalam penerapan konsep teacher librarian di Sekolah Tumbuh, serta peran pustakawan dalam konsep teacher librarian di Sekolah Tumbuh Yogyakarta di analisis dengan teori fungsionalme struktural. Riset ini memakai metode deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, forum grup diskusi dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yakni data diambil dari orang yang mengetahui dan memiliki informasi pokok mengenai topik penelitian, dalam hal ini adalah koordinator teacher librarian, teacher librarian, dan perwakilan guru-siswa (CSIE Sekolah Tumbuh) Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknis dan sumber serta melakukan member check. Penelitian ini memiliki hasil: (1) Sekolah Tumbuh Yogyakarta yang memiliki Perpustakaan Sekolah menerapkan konsep teacher librarian tujuan agar dapat menjadi learning resource untuk seluruh pemustaka Sekolah Tumbuh dan agar dapat menjalankan peran sebagai pustakawan guru, mitra guru kelas, dan spesialis informasi, (2) keterlibatan TL teacher librarian dalam konsep teacher librarian adalah merancang kebijakan literasi dan peran teacher librarian dalam proses perencanaan, merealisasikan kurikulum literasi yang menjadi dasar acuan dalam pembuatan program, pembuatan RPP sebagai dasar dalam program kerja yang akan dijalankan, mengkoordinasi pembuatan RPP yang mengacu pada kebijakan dan kurikulum yang ada, mengkontrol alur yang telah dilakukan dengan cara mengadakan evaluasi dilakukan setiap sebulan sekali, (3) kolaborasi antara pustakawan dan guru adalah hal yang utama dilakukan dalam penerapan konsep teacher librarian. Dimana pustakawan yang berperan sebagai teacher librarian dibantu oleh seorang educator yang pada dasarnya memiliki keahlian dalam mengajar atau memiliki latar belakang sebagai seorang pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: teacher librarian; perpustakaan sekolah; fungsionalisme struktural
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Kepemimpinan Dalam Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jun 2023 10:42
Last Modified: 05 Jun 2023 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum